Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libatkan GM Hotel Seluruh Lampung, Polinela Bentuk Prodi Perhotelan

Kompas.com - 07/10/2020, 20:33 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melakukan koordinasi dengan GM Hotel seluruh Bandar Lampung, demi terbentuknya Program Studi (Prodi) D4 Pengelolaan Perhotelan.

Pembentukan ini merupakan bentuk kontribusi ke sektor pariwisata yang ada di Lampung.

"Ditambah dengan peluang besar daya tari wisata di Lampung, maka semakin tinggi keinginan Polinela untuk mendirikan Prodi perhotelan," ujar Direktur Polinela Sarono dalam keterangan resminya, melansir laman Polinela, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Politeknik Negeri Lampung Kembangkan Komoditas Edamame

Lalu, kata Sarono, kampus ini juga sudah ada Prodi Perjalanan Wisata yang tahun ini sudah masuk angkatan ke-2 dengan total 4 kelas, maka akan memberikan nilai tambah bagi Prodi Pengelolaan Perhotelan.

Polinela, bilang dia, merupakan kampus vokasi negeri di Bandar Lampung, maka secara pembelajaran porsi praktik lebih besar dibandingkan teori. Sebagai bentuk dukungan memberikan kontribusi nyata ke sektor pariwisata Provinsi Lampung, diperlukan adanya dukungan dunia usaha dan dunia industri.

"Dukungan ini dapat dilibatkan dengan memberikan peluang pada pelaku usaha di sektor pariwisata untuk terlibat pengajaran atau disebut sebagai dosen industri," ungkap dia.

Dengan adanya keterlibatan dunia usaha dan dunia industri, sambung dia, sejalan dengan skema kampus merdeka yang mengharuskan 20 sks atau 3 semester yang mengharuskan mahasiswa terlibat langsung dalam dunia usaha dan dunia industri.

"Perjanjian kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Alasan ini yang menjadi latar belakang juga membentuk prodi di perhotelan," jelas dia.

Perjanjian kerja sama saling menguntungkan

Lalu Aswadi Jaya sebagai Ketua IHGMA Lampung menjelaskan, IHGMA sebagai mitra pendiri Prodi D4 Pengelolaan Perhotelan Polinela akan membentuk perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan.

"Dunia usaha dan industri pariwisata dan perhotelan Lampung memberikan komitmen berupa kontribusi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Lampung, agar siap bekerja di perhotelan. Sehingga kebutuhan tenaga kerja dapat terpenuhi di Lampung," kata Lalu.

Lalu menegaskan, keterlibatan hotel dalam pengembangan SDM juga akan terjalan, dengan memberikan magang yang akan dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang ada di Polinela.

Baca juga: Dosen Politeknik Negeri Cilacap Atasi Kesulitan Air di Dusun Bondan

"Nantinya akan kembali pada kemampuang masing-masing hotel memberikan ketersediaan tempat dalam mendukung dunia kerja magang yang dibutuhkan dari Polinela. Yang pastinya, harus saling mengentungkan dan saling memperkuat satu sama lain," pungkas Lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com