Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Negeri Lampung Kembangkan Komoditas Edamame

Kompas.com - 23/09/2020, 20:14 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengembangkan edamame sebagai komoditas unggulan dalam program studi Produksi Tanaman Pangan (PTP). Pengembangan ini diharapkan menjadi proyek usaha mandiri yang bisa dijalankan oleh para mahasiswa Prodi PTP Polinela.

"Polinela sudah buat unit produksi edamame di Prodi PTP. Unit ini didukung Kementerian Riset dan Teknologi lewat Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK)," kata Ketua Tim Pengembangan Edamame Polinela, Dulbari dalam keterangannya, melansir laman Polinela, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: 5 Mahasiswa UB Ciptakan Kasa dari Sarang Laba-laba

Dulbari mengatakan, pengembangan edamame ini tentunya juga didukung dengan kegiatan penelitian, pengabdian dosen, dan kegiatan praktikum. Karena manfaat edamame bisa menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan metabolisme dan kadar energi, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

"Ini juga bisa dijadikan alternatif untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh di tengah merebaknya wabah Covid-19," jelas Dulbari.

Budidaya tanaman edamame, kata Buldari, sangat mudah, relatif sama dengan budidaya tanaman kedelai pada umumnya. Tanaman edamame juga bisa ditanam di berbagai jenis tanah dan dapat beradaptasi pada dataran rendah hingga ke dataran tinggi.

Dia menyebutkan, produktivitas edamame di kampus Polinela dapat mencapai 8-10 ton per hektar. Dengan kemampuan produksi dan harga jual yang relatif tinggi, pengembangan edamame akan sangat menguntungkan.

Tingkatkan pendapatan masyarakat dan petani

Dulbari mengharapkan ada sinergi antara pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi dalam mengembangkan edamame ini. Hal itu dikarenakan potensi dan peluangnya yang sangat menjanjikan.

"Pemerintah daerah (Pemda) dapat menjadikan edamame sebagai komoditas unggulan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan menyukseskan program petani mandiri," jelas dia.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Rektor IPB: Alumni Harus Wujudkan Kemandirian Pangan

Apalagi, dia menambahkan, respon dari masyarakat Bandar Lampung terhadap edamame sangat baik, itu terbukti dari tingginya permintaan edamame ke kampus Polinela yang dapat dipesan secara online via instagram @edamamelampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com