Harga Mi Instan Diyakini Tak Akan Naik, Bahkan Harga Gandum Akan Turun

Kompas.com - 13/08/2022, 19:29 WIB

KOMPAS.com - Isu kenaikan harga mi instan baru-baru ini ramai diperbincangkan di Tanah Air.

Isu itu muncul bukan tanpa alasan, pasalnya gandum yang menjadi salah satu bahan baku mi instan mengalami kenaikan harga di pasar global.

Kenaikan tersebut lantaran perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, di mana Ukraina merupakan salah satu negara eksportir gandum untuk Indonesia.

Baca juga: Kenapa Mi Instan Bikin Kita Kecanduan?

Terkait hal tersebut, banyak pihak yang melontarkan pandangannya. Ada yang membenarkan bahwa harga gandum akan naik dan berdampak pada harga jual mi instan.

Namun, tak sedikit juga yang melihat hal sebaliknya, yakni, harga gandum sudah terkendali dan tidak ada ancaman harga mi instan naik hingga 3 kali lipat.

Salah satunya disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Baca juga: Mi Instan Bisa Jadi Makanan Sehat, Begini Cara Masaknya

Harga gandum akan turun pada September 2022

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat rapat kerja perdananya dengan Komisi VI DPR RI, memperkenalkan Minyak Goreng Kita yang akan diluncurkan esok hari (6/7/2022).Dokumentasi Kementerian Perdagangan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat rapat kerja perdananya dengan Komisi VI DPR RI, memperkenalkan Minyak Goreng Kita yang akan diluncurkan esok hari (6/7/2022).

Alasan mengapa Zulhas menyampaikan hal ini, karena keberhasilan panen di sejumlah negara penghasil gandum.

"Enggak (naik 3 kali lipat), mudah-mudahan nanti kan (harga akan stabil), ini sudah (melimpah suplai gandum di Indonesia)," kata Zulhas dikutip dari Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Melimpahnya suplai gandum di Indonesia itu akibat keberhasilan panen sejumlah negara penghasil gandum yang menjadi negara asal impor gandum Indonesia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.