Kompas.com - 13/08/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Pelan tapi pasti, benang kusut dalam kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terungkap ke permukaan.

Setelah menjadi polemik, Tim Khusus Polri akhirnya membuka motif Irjen Ferdy Sambo membunuh Brigadir J.

Disebutkan, Ferdy Sambo marah dan emosi lantaran Brigadir J melukai martabat keluarganya.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan, setelah mendapat laporan dari istrinya yang mendapatkan tindakan yang melukai harkat martabat keluarga di Magelang, Ferdy Sambo merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir J.

Sambo merencanakan pembunuhan itu dengan memanggil anak buahnya yakni Bharada Richard Eliezer (Bharada E) dan Bripka Ricky Rizal (Bripka RR).

Baca juga: 5 Media Internasional Soroti Kasus Brigadir J dan Irjen Ferdy Sambo, Apa Kata Mereka?

Pertanyaannya, haruskah motif tindak pidana itu diungkap ke publik, dan bagaimana posisi motif dalam penegakan keadilan?

Motif harus dipublikasikan?

Guru Besar Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof Indriayanto Seno Adji menyebut, motif kejahatan tidak wajib diungkapkan kepada publik.

Hal itu berlaku baik di masa penyidikan atau saat kasus di bawah kewenangan kepolisian, maupun di masa peradilan ketika kasus sudah bergulir ke pengadilan.

"Pada KUHP maupun KUHAP Indonesia, motif tidak menjadi dasar pemidanaan, karenanya tidak ada kewajiban untuk diinformasikan ke publik, apalagi pada tahap penyidikan pro justitia yang secrecy stages secara universal," kata Indriarto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya, di tahap peradilan pun hakim tidak memiliki kewajiban untuk membuka motif kepada publik, meskipun hal itu bisa saja ditanyakan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.