Tonga Dihantam Tsunami, Raja Tonga Tupou VI Dievakuasi

Kompas.com - 16/01/2022, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Tsunami menghantam pulau terbesar di Tonga, Tongatapu di Samudera Pasifik, Sabtu (15/1/2022). Kondisi tersbeut membuat Raja Tonga harus dievakuasi pasukan militer. 

Gelombang tsunami terjadi setelah gunung berapi bawah laut Hunga Tonga–Hunga Ha?apai di Pasifik Selatan meledak dalam letusan dahsyat dan mengirimkan awan abu dan uap gas ke udara.

Gunung berapi ini terletak sekitar 30 kilometer (18,6 mil) tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga, menurut RNZ, dan sekitar 65 kilometer (40 mil) utara Nuku'alofa.

Selain peringatan tsunami, Badan Meteorologi Tonga mengeluarkan peringatan untuk hujan lebat, banjir bandang dan angin kencang di daratan dan perairan pesisir.

Dikutip dari CNN, gelombang melintasi garis pantai ibu kota Tonga, Nuku'alofa, pada hari Sabtu, dan mengalir ke jalan-jalan pantai dan membanjiri properti, menurut afiliasi CNN Radio Selandia Baru (RNZ).

Baca juga: Penyebab Tsunami Tonga dan Sejumlah Negara yang Mengalami

Raja Tonga dievakuasi

Raja Tonga Tupou VI dievakuasi dari istana kerajaan setelah tsunami membanjiri ibu kota.

Konvoi polisi dan pasukan membawa raja ke sebuah vila di Mata Ki Eua.

Sementara itu, warga menuju tempat yang lebih tinggi, kata RNZ, saat ombak menyapu halaman istana, tepi laut dan jalan utama.

Gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai pertama kali meletus pada hari Jumat, (14/1/2022) mengirimkan segumpal abu sejauh 20 kilometer (12,4 mil) ke udara, menurut RNZ.

Citra satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang kejut menyebar dari letusan. Letusan kedua terjadi pada hari Sabtu pukul 17:26 waktu setempat, RNZ melaporkan.

Baca juga: Tsunami Terjang Jepang setelah Tonga, Ketinggian 1,2 Meter

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.