Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tonga Dihantam Tsunami, Raja Tonga Tupou VI Dievakuasi

Gelombang tsunami terjadi setelah gunung berapi bawah laut Hunga Tonga–Hunga Ha?apai di Pasifik Selatan meledak dalam letusan dahsyat dan mengirimkan awan abu dan uap gas ke udara.

Gunung berapi ini terletak sekitar 30 kilometer (18,6 mil) tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga, menurut RNZ, dan sekitar 65 kilometer (40 mil) utara Nuku'alofa.

Selain peringatan tsunami, Badan Meteorologi Tonga mengeluarkan peringatan untuk hujan lebat, banjir bandang dan angin kencang di daratan dan perairan pesisir.

Dikutip dari CNN, gelombang melintasi garis pantai ibu kota Tonga, Nuku'alofa, pada hari Sabtu, dan mengalir ke jalan-jalan pantai dan membanjiri properti, menurut afiliasi CNN Radio Selandia Baru (RNZ).

Konvoi polisi dan pasukan membawa raja ke sebuah vila di Mata Ki Eua.

Sementara itu, warga menuju tempat yang lebih tinggi, kata RNZ, saat ombak menyapu halaman istana, tepi laut dan jalan utama.

Gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai pertama kali meletus pada hari Jumat, (14/1/2022) mengirimkan segumpal abu sejauh 20 kilometer (12,4 mil) ke udara, menurut RNZ.

Citra satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang kejut menyebar dari letusan. Letusan kedua terjadi pada hari Sabtu pukul 17:26 waktu setempat, RNZ melaporkan.


Peringatan tsunami Jepang

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk pulau Tonga dan sebagian Jepang.

Peringatan tsunami juga telah dikeluarkan untuk Pulau Utara Selandia Baru dan pantai barat Amerika Serikat dari California hingga Alaska, serta British Columbia Kanada.

Gelombang tsunami pertama sudah terasa di Pantai Barat AS pada Sabtu pagi, Dave Snider, koordinator peringatan tsunami di Pusat Peringatan Tsunami Nasional Layanan Cuaca Nasional di Palmer, Alaska, mengatakan kepada CNN.

Tsunami juga dilaporkan terjadi di sepanjang pantai Jepang pada Minggu (16/1/2022) pagi, menurut penyiar publik Jepang NHK.

Penjaga pantai Jepang sedang keluar untuk menilai kerusakan, tetapi sejauh ini tidak ada yang dilaporkan, NHK melaporkan, mencatat bahwa hari masih gelap dan diperkirakan akan ada lebih banyak gelombang.

Pejabat terus meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menjauhi pantai.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau Amami selatan dan rantai pulau Tokara di Prefektur Kagoshima dan peringatan tsunami untuk semua wilayah pesisir yang menghadap Samudera Pasifik, NHK melaporkan.

Rekaman yang dibagikan di NHK dari seorang penonton di Kota Setouchi di Pulau Amami Oshima menunjukkan lalu lintas bemper-ke-bumper saat mobil dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Rekaman lain menunjukkan orang-orang tidur di lantai di pusat evakuasi di Prefektur Iwate, di mana peringatan tsunami tetap berlaku.


Gelombang tsunami Australia

Biro Meteorologi Australia mengatakan pihaknya mencatat gelombang tsunami 1,2 meter (sekitar 4 kaki) di dekat Nuku'alofa pada pukul 17:30 waktu setempat pada hari Sabtu.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gelombang tsunami setinggi 2,7 kaki (83 cm) diamati oleh alat pengukur di Nuku'alofa dan gelombang setinggi 2 kaki di Pago Pago, ibu kota Samoa Amerika, Reuters melaporkan.

Jese Tuisinu, seorang reporter televisi di Fiji One, mengunggah video di Twitter yang menunjukkan ombak besar menyapu pantai, dengan orang-orang yang mencoba melarikan diri dari air yang masuk dengan kendaraan mereka.

"Ini benar-benar gelap di beberapa bagian Tonga dan orang-orang bergegas ke tempat yang aman setelah letusan," katanya di tweet lain.

Arus kuat dan tidak biasa serta gelombang tak terduga di pantai diperkirakan terjadi, menurut Badan Manajemen Darurat Nasional Selandia Baru.

Layanan cuaca resmi Selandia Baru mengatakan stasiun cuaca di seluruh negeri telah mengamati "lonjakan tekanan" pada Sabtu malam dari letusan.

Ilmuwan Emily Lane, dari Institut Nasional Penelitian Air dan Atmosfer Selandia Baru, mengatakan kepada Pusat Media Sains Selandia Baru bahwa itu adalah letusan yang "sangat signifikan".

"Gelombang kejut darinya terlihat jelas di citra satelit dan ada laporan letusan yang terdengar setidaknya sejauh Selandia Baru," katanya.

"Tsunami dari letusan telah mencapai lebih dari 2.500 km yang terekam di alat pengukur di seluruh Aotearoa," kata Lane.


Amerika Serikat

Gelombang tsunami pertama sudah mulai menghantam pantai Pasifik AS, Snider dari Pusat Peringatan Tsunami Nasional mengatakan kepada CNN melalui telepon pada hari Sabtu.

Gelombang setinggi 1,2 kaki telah diamati di Nikolski, Alaska, katanya, sementara gelombang setinggi satu kaki diamati di Atka, Adak dan King Cove, Alaska.

"Ini mungkin bukan gelombang terbesar karena ini akan datang," kata Snider kepada CNN, mengatakan acara itu belum berakhir.

Gelombang mencapai AS datang setelah peringatan tsunami dikeluarkan untuk pantai barat AS, termasuk negara bagian California, Oregon, Washington dan Alaska, menurut Pusat Peringatan Tsunami Nasional.

Peringatan Tsunami Pasifik tweeted tidak ada kerusakan yang dilaporkan sejauh ini dari tsunami yang diamati di Kepulauan Hawaii.

Peringatan tsunami untuk Hawaii dibatalkan oleh badan tersebut Sabtu pagi .

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/16/080415165/tonga-dihantam-tsunami-raja-tonga-tupou-vi-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke