Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Bu Kasur, Tokoh Pendidikan yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Kompas.com - 16/01/2022, 06:00 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 96 tahun lalu tepatnya 16 Januari 1926 tokoh pendidikan anak Sandiah atau yang lebih akrab disapa Bu Kasur lahir.

Kelahiran Bu Kasur diabadikan dalam Google Doodle Minggu (16/1/2022). Google membuat doodle Bu Kasur dikelilingi anak-anak yang tengah bermain.

Doodle itu tampak seperti lukisan yang menggunakan pensil warna. Beberapa anak memegang huruf-huruf yang membentuk kata "Google".

Baca juga: Siapa Sandiah Ibu Kasur yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle Ibu Kasur, Minggu (16/1/2022)screenshoot Google Doodle Ibu Kasur, Minggu (16/1/2022)

Profil Bu Kasur

Barangkali nama Pak Kasur (Kak Soer atau Soerjono) lebih dulu dikenal masyarakat. Suami Bu Kasur itu merupakan tokoh pendidikan anak dan juga pencipta lagu anak-anak.

Bersama-sama, keduanya memandu acara Taman Indria di TVRI kala itu. Kecintaan mereka pada dunia anak-anak diwujudkan dengan mengajar bahkan memiliki sekolah hingga akhir hayat.

Diberitakan Harian Kompas, 23 Oktober 2002, Bu Kasur meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada 22 Oktober 2002 sekitar pukul 16.00 di Rumah Sakit (RS) Cikini Jakarta.

Sampai menjelang akhir hayat, Bu Kasur selalu ingin berada di tengah anak-anak. Di akhir hayatnya dia masih rutin mengunjungi TK Mini Pak Kasur.

"Jika berada di tengah anak-anak, beliau selalu mengajak tos kepada anak-anak," tutur salah seorang guru TK menjelaskan Bu Kasur yang suka memberi salam gaya anak-anak, yaitu saling menepukkan telapak tangan.

Baca juga: Kak Seto: Pak Kasur dan Bu Kasur adalah Mahaguru Saya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com