Mengenang Bu Kasur, Tokoh Pendidikan yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Kompas.com - 16/01/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 96 tahun lalu tepatnya 16 Januari 1926 tokoh pendidikan anak Sandiah atau yang lebih akrab disapa Bu Kasur lahir.

Kelahiran Bu Kasur diabadikan dalam Google Doodle Minggu (16/1/2022). Google membuat doodle Bu Kasur dikelilingi anak-anak yang tengah bermain.

Doodle itu tampak seperti lukisan yang menggunakan pensil warna. Beberapa anak memegang huruf-huruf yang membentuk kata "Google".

Baca juga: Siapa Sandiah Ibu Kasur yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle Ibu Kasur, Minggu (16/1/2022)screenshoot Google Doodle Ibu Kasur, Minggu (16/1/2022)

Profil Bu Kasur

Barangkali nama Pak Kasur (Kak Soer atau Soerjono) lebih dulu dikenal masyarakat. Suami Bu Kasur itu merupakan tokoh pendidikan anak dan juga pencipta lagu anak-anak.

Bersama-sama, keduanya memandu acara Taman Indria di TVRI kala itu. Kecintaan mereka pada dunia anak-anak diwujudkan dengan mengajar bahkan memiliki sekolah hingga akhir hayat.

Diberitakan Harian Kompas, 23 Oktober 2002, Bu Kasur meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada 22 Oktober 2002 sekitar pukul 16.00 di Rumah Sakit (RS) Cikini Jakarta.

Sampai menjelang akhir hayat, Bu Kasur selalu ingin berada di tengah anak-anak. Di akhir hayatnya dia masih rutin mengunjungi TK Mini Pak Kasur.

"Jika berada di tengah anak-anak, beliau selalu mengajak tos kepada anak-anak," tutur salah seorang guru TK menjelaskan Bu Kasur yang suka memberi salam gaya anak-anak, yaitu saling menepukkan telapak tangan.

Baca juga: Kak Seto: Pak Kasur dan Bu Kasur adalah Mahaguru Saya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.