Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Perlu Khawatir, Ini 4 Olahraga yang Aman Untuk Penderita Asma

KOMPAS.com - Asma merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang. Asma sendiri adalah penyakit inflamasi kronis pada saluran pernafasan.

Penyakit ini dapat bersifat ringan dan tidak mengganggu aktivitas dan ada pula yang bersifat mengganggu aktivitas hingga menimbulkan disabilitas.

Kondisi tersebut dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

Olahraga adalah salah satu cara untuk mengontrol penderita asma. Sebab, olahraga dapat meningkatkan kebugaran jasmani penderita.

Akan tetapi, olahraga harus dilakukan dengan baik karena juga dapat menjadi pemicu asma yang dikenal dengan istilah Excercise Induced Asthma (EIA).

Melansir dari Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA, aktivitas olahraga bagi para penderita asma bermanfaat untuk kesehatan, yaitu untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh, mengurangi dosis obat, dan meringankan serta menjarangkan kekambuhan.

Olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita asma adalah jenis olahraga yang tidak memaksa mereka untuk menghadapi kondisi kurang oksigen dan banyaknya karbondioksida di dalam tubuh, sehingga membuat penderita menjadi teradaptasi menghadapi serangan asma.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang aman untuk penderita asma:

1. Olahraga Aerobik

Melakukan olahraga aerobik secara teratur dengan intensitas yang adekuat dapat mendatangkan manfaat fisiologis yang sama bagi penderita asma maupun bukan.

Akan tetapi, ada nilai tambah bagi penderita asma.

Hal ini disebabkan oleh fungsi sistem respirasi yang dimungkinkan dapat menjadi lebih efisien.

Kondisi tersebut diatndai oleh menurunnya ventilasi paru untuk beban kerja pada umumnya, meningkatnya kapasitas pernafasan maksimal, berkurangnya volume udara residu.

Manfaat aerobik terhadap penyakit asma juga disampaikan oleh peneliti dari University of Sao Paolo di Brazil. Penderita asma dinilai dapat memperoleh manfaat jika melakukan olahraga yang bersifat aerobik.

2. Yoga

Yoga memiliki banyak manfaat apabila dilakukan rutin, termasuk bagi penderita asma.

Manfaat yang diberikan mungkin tidak terlalu signifikan. Akan tetapi, yoga dapat mengatasi dan mencegah intensitas kambuhnya penyakit asma secara alami.

Melansir laman Everyday Health, yoga dapat membantu penderita asma mengatur pola tarikan dan hembusan napas.

Teknik-teknik dalam yoga dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru.

Selain itu, yoga juga dapat mengurangi gejala stress yang dapat menjadi pemicu kambuhnya penyakit asma.

3. Berjalan Kaki

Melansir dari penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Allergy, Asthma, and Clinical Immunology, rutin berjalan kaki dapat meningkatkan kebugaran tanpa memicu kambuhnya penyakit asma.

4. Berenang

Melansir dari Kompas.com (30/12/2015), berenang adalah olahraga yang bermanfaat untuk penderita asma.

Berenang dapat memberikan askses untuk bernafas dengan baik. Selain itu, berenang juga dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru.

Akan tetapi, kolam renang yang digunakan perlu diperhatikan. Sebab, banyak kolam renang yang mengandung klorin.

Klorin yang berlebihan dapat memicu serangan asma.

Untuk itu, sebelum berenang, perlu diperiksa terlebih dahulu kandungan klorin di dalam kolam renang. Identifikasi awal dapat dilakukan dengan mencium baunya.

(Sumber: Bestari Kumala Dewi)

https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/13/070000965/tak-perlu-khawatir-ini-4-olahraga-yang-aman-untuk-penderita-asma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke