Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Manfaat buah lemon dan jeruk nipis telah sejak lama digunakan dalam berbagai praktik pengobatan tradisional, seperti digunakan dalam pembuatan jamu.

Kedua buah tersebut diyakini memiliki manfaat besar untuk pengobatan.

Kendati demikian, baik lemon maupun jeruk nipis telah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C.

Dilansir dari Healthline, Selasa (21/3/2023), vitamin C adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh dan banyak ditemukan pada buah jeruk, baik lemon, jeruk nipis atau jenis jeruk lainnya.

Sementara, manfaat vitamin C telah dikenal dengan sifat antioksidan, serta perannya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Berbagai studi telah menunjukkan kandungan senyawa pada buah lemon dan jeruk nipis yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Apakah Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Kesehatan?

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC, menunjukkan bahwa buah jeruk, baik lemon maupun jeruk nipis, mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi atau anti peradangan dan anti bakteri.

Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan, kandungan senyawa buah jeruk juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit jantung dan jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan usus besar.

Studi yang dilakukan terhadap tikus mengamati efek dan manfaat asam sitrat yang terkandung dalam buah jeruk.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa senyawa spesifik yang ada dalam jeruk, seperti lemon dan jeruk nipis, memiliki efek perlindunngan terhadap peradangan di otak dan hati.

Kendati demikian, penelitian ilmiah yang menunjukkan potensi manfaat buah lemon dan jeruk nipis untuk obat dan farmakologis, saat ini masih terbatas pada studi hewan dan tabung reaksi.

Oleh karenanya masih diperlukan lebih banyak studi untuk menunjukkan apakah manfaat buah lemon dan jeruk nipis secara efektif bisa mengobati kondisi kesehatan pada manusia.

Baca juga: Apakah Manfaat Minum Air Mineral untuk Tubuh?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com