Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Manfaat Lemon dan Jeruk Nipis Sama?

KOMPAS.com - Manfaat buah lemon dan jeruk nipis telah sejak lama digunakan dalam berbagai praktik pengobatan tradisional, seperti digunakan dalam pembuatan jamu.

Kedua buah tersebut diyakini memiliki manfaat besar untuk pengobatan.

Kendati demikian, baik lemon maupun jeruk nipis telah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C.

Dilansir dari Healthline, Selasa (21/3/2023), vitamin C adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh dan banyak ditemukan pada buah jeruk, baik lemon, jeruk nipis atau jenis jeruk lainnya.

Sementara, manfaat vitamin C telah dikenal dengan sifat antioksidan, serta perannya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Berbagai studi telah menunjukkan kandungan senyawa pada buah lemon dan jeruk nipis yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC, menunjukkan bahwa buah jeruk, baik lemon maupun jeruk nipis, mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi atau anti peradangan dan anti bakteri.

Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan, kandungan senyawa buah jeruk juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit jantung dan jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan usus besar.

Studi yang dilakukan terhadap tikus mengamati efek dan manfaat asam sitrat yang terkandung dalam buah jeruk.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa senyawa spesifik yang ada dalam jeruk, seperti lemon dan jeruk nipis, memiliki efek perlindunngan terhadap peradangan di otak dan hati.

Kendati demikian, penelitian ilmiah yang menunjukkan potensi manfaat buah lemon dan jeruk nipis untuk obat dan farmakologis, saat ini masih terbatas pada studi hewan dan tabung reaksi.

Oleh karenanya masih diperlukan lebih banyak studi untuk menunjukkan apakah manfaat buah lemon dan jeruk nipis secara efektif bisa mengobati kondisi kesehatan pada manusia.

Manfaat vitamin C pada lemon dan jeruk nipis

Meski buah lemon lebih kaya vitamin C, namun jeruk nipis juga memiliki kandungan yang sama, sehingga keduanya tetap menjadi buah yang sehat dikonsumsi.

Sebab, vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya manfaat vitamin C seperti mendukung sistem imun dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan, dikutip dari WebMD.

Antioksidan dalam vitamin C bermanfaat untuk mempertahankan sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, vitamin C juga telah terbukti mengurangi keriput dan penuaan kulit.

Artinya, manfaat buah lemon dan jeruk nipis memiliki kesamaan, karena kandungan vitamin C yang ada dalam kedua buah ini.

Berikut beberapa manfaat vitamin C dalam lemon dan jeruk nipis.

  1. Melindungi dari penyakit jantung
  2. Mencegah masalah kesehatan sebelum melahirkan
  3. Mencegah vitamin mata
  4. Mencegah kanker dan stroke

Selain itu, buah lemon dan jeruk nipis, sama-sama mengandung asam sitrat. Asam sitrat adalah asam lemah yang ditemukan pada kedua buah tersebut, yang diyakini bermanfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit batu ginjal.

Studi awal pernah menunjukkan bahwa asam sitrat dapat membantu tubuh menyerap mineral, melawan peradangan dan mengurangi kerusakan hati.

Kendati buah lemon lebih kaya vitamin C dibandingkan buah jeruk nipis, namun, kandungan asam sitrat dalam buah jeruk nipis ternyata sedikit lebih tinggi.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/03/21/190000723/apakah-manfaat-lemon-dan-jeruk-nipis-sama-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke