Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kentang Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih?

Kompas.com - 25/01/2023, 19:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok karena mengenyangkan, mudah didapat, dan murah.

Nasi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat, yang merupakan sumber energi tubuh. 

Namun, beberapa orang mungkin ingin mengganti nasi dengan makanan lain karena berbagai alasan, misalnya ingin mengurangi konsumsi karbohidrat dan kalori untuk menurunkan berat badan. 

Kentang untuk mengganti nasi

Dilansir dari Medical News Today, kentang bisa jadikan pengganti nasi yang lebih sehat. Kentang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

Baca juga: Apakah Makan Ubi Bisa Menurunkan Berat Badan?

  1. Mengandung antioksidan
  2. Memiliki efek anti inflamasi
  3. Memiliki efek anti kanker
  4. Dapat menurunkan kolesterol
  5. Dapat menyeimbangkan kadar gula darah

Dikutip dari Live Strong, kentang adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi dalam hal makronutrien. Pasalnya, kentang lebih rendah kalori dan lemak serta lebih tinggi serat, namun mengandung jumlah protein yang sama dengan nasi putih.

Kentang panggang yang berukuran sedang dengan kulitnya menawarkan 161 kalori, 4,3 gram protein, 0,2 gram lemak, dan 36,6 gram karbohidrat, termasuk 3,8 gram serat. 

Baca juga: Apakah Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan?

Sementara itu, satu cangkir nasi putih matang mengandung 205 kalori, 4,3 gram protein, 0,4 gram lemak, dan 44,5 gram karbohidrat, termasuk 0,6 gram serat.

Selain kentang, ada banyak pilihan lain untuk mengganti nasi putih. Agar tidak bosan, konsumsi kentang bisa diselingi dengan pengganti nasi lainnya, seperti ubi, nasi brokoli, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com