Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Teh hijau menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, teh hijau disebut sebagai salah satu minuman paling sehat. 

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan beragam nutrisi lainnya, teh hijau dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu, teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan berat badan. 

Benarkah demikian? Adakah penjelasan ilmiah yang membuktikan bahwa teh hijau baik untuk diet?

Teh hijau dan diet

Dilansir dari Medical News Today, teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih efisien.

Baca juga: Apakah Minum Kopi Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid yang disebut katekin, yang merupakan antioksidan. Penelitian mengatakan, kedua senyawa tersebur dapat mempercepat metabolisme tubuh. Katekin dapat membantu memecah kelebihan lemak, sedangkan kombinasi katekin dan kafein dapat meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh.

Sebuah ulasan penelitian tahun 2010 menemukan bahwa suplemen teh hijau, yang mengandung katekin atau kafein, memiliki dampak positif pada penurunan berat badan dan manajemen berat badan, meski tidak signifikan.

Ada beberapa penjelasan mengenai manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan dan beberapa bukti empiris telah ditemukan untuk mendukung klaim tersebut.

Namun, studi penelitian di bidang ini cenderung menggunakan dosis teh hijau yang mengandung proporsi katekin atau kafein lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam secangkir teh hijau biasa.

Baca juga: Apakah Tidur Siang Baik untuk Tubuh?

Dengan demikian, penting untuk dicatat bahwa manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan cenderung kecil. 

Oleh sebab itu, jika ingin menurunkan berat badan, di samping mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, penting juga untuk berolahraga yang memiliki manfaat metabolisme lebih besar.

Berolahraga secara teratur dan makan makanan sehat dengan banyak sayuran adalah strategi penurunan berat badan yang sangat efektif. Bisa juga mengonsumsi teh hijau untuk meningkatkan hasilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com