Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 10:06 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika mendengar kata melahirkan, Anda mungkin akan membayangkan tentang seorang perempuan dewasa yang tengah berjuang dalam persalinan.

Memang tidak dapat dipungkiri, selain perempuan dewasa kehamilan remaja pun banyak terjadi. Tapi, kira-kira berapa usia termuda seseorang menjadi ibu?

Baca juga: Komnas Perempuan Tegaskan, Kehamilan Remaja Hanya Beri Tekanan Fisik dan Psikis

Ibu termuda di dunia berusia 5 tahun

Lina Medina menjadi orang termuda yang melahirkan dalam catatan sejarah. Bagaimana tidak, ia menjalani operasi caesar di usianya yang menginjak 5 tahun, 7 bulan dan 21 hari.

Kisah bermula ketika Medina yang tinggal di Ticrapo, Peru pada April 1939 dibawa ke Rumah Sakit Pisco oleh kedua orang tuanya. Mereka merasa prihatin karena gadis kecil itu menderita tumor besar yang tumbuh di perutnya.

Tetapi, setelah mengevaluasi kondisi Medina, dokter justru menemukan hal lain yang tak kalah mengejutkan. Dokter menentukan bahwa Medina sebenarnya hamil sekitar tujuh bulan.

Kemungkinan Medina jadi korban perkosaan

Medina menurut dugaan menjadi korban pemerkosaan yang identitasnya tidak dapat dikonfirmasi.

Ini menurut Edmundo Escomel dokter dan peneliti dalam publikasinya di jurnal La Presse Medicale edisi Mei 1939 menyebutkan bahwa Medina yang berusia 5 tahun tidak dapat memberikan tanggapan yang tepat atas pertanyaan mengenai peristiwa tersebut.

Baca juga: Mengapa Sebaiknya Hindari Kehamilan Sebelum Usia 20 Tahun?

Mengutip Live Science, Selasa (24/1/2023) Medina akhirnya melahirkan bayi laki-laki seberat 2,7 kilogram pada 14 Mei 1939 di sebuah rumah sakit di Lima.

Bayi itu hanya bisa dilahirkan melalui prosedur operasi caesar karena ukuran panggul Medina yang kecil.

Bagaimana Medina bisa hamil?

Apa yang kemudian membuat banyak pihak bertanya-tanya adalah bagaimana mungkin anak berumur 5 tahun dapat hamil.

Selama prosedur, dokter membiopsi sampel jaringan dari salah satu ovarium Medina dan menemukan bahwa jaringan tersebut mirip dengan wanita dewasa.

Medina awalnya dilaporkan mulai menstruasi pada usia 3 tahun namun laporan selanjutnya menyatakan bahwa ia mengalami menstruasi pertamanya pada usia 8 bulan.

Laporan yang diterbitkan pada bulan Desember 1939 kemudian memaparkan teori Escomel mengapa Medina bisa hamil di usia anak.

Seorang anak mulai pubertas yang luar biasa dini karena beberapa gangguan pada kelenjar pituitari. Kelenjar berbentuk kacang di dasar otak itu mengatur produksi hormon seks tubuh.

Baca juga: 121 Juta Kehamilan Tak Direncanakan Terjadi Tiap Tahun di Dunia, Apa Dampaknya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com