Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 19:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan berbagai alasan, ada yang merasa sebagai keharusan karena berat badannya sudah masuk kategori obesitas, ada yang menurunkan berat badan karena penyakit tertentu, atau ada juga yang ingin memertahankan berat tubuh idealnya.

Berjalan kaki seringkali disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Rupanya persepsi berjalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan ini benar.

Seperti yang kita ketahui, semua aktivitas fisik, termasuk berjalan, bisa membakar lemak dalam tubuh dan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan secara Aman dan Sehat

Bahkan ketika semakin cepat Anda berjalan, maka semakin banyak juga kalori yang akan dibakar dalam tubuh.

Melansir Live Science edisi 26 Juni 2022, untuk penurunan berat badan yang aman dan berkelanjutan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan kehilangan satu sampai dua pound atau 0.9 kilogram seminggu.

Jalan kaki adalah salah satu metode terbaik untuk menurunkan berat badan, karena berdampak rendah, yang berarti mengurangi tekanan pada persendian dan oleh karena itu menurunkan risiko cedera,” kata ahli gizi Lily Chapman untuk P3RFORM.

Lily menjelaskan, jumlah kalori yang Anda bakar akan tergantung pada statistik pribadi Anda seperti tinggi badan, berat badan, persentase lemak tubuh, dan seberapa cepat Anda berjalan. 

Sebagai aturan umum, Anda akan membakar lebih banyak kalori jika detak jantung Anda lebih tinggi, dan seseorang yang kurang fit umumnya akan memiliki detak jantung yang lebih tinggi dan karenanya membakar lebih banyak kalori. 

Hal ini menjadi sesuatu yang baik, karena berjalan adalah olahraga yang lebih nyaman daripada berlari atau High Intensity Interval Training (HIIT).

Dengan begitu, banyak orang akan lebih cenderung lebih bisa mempertahankan diri untuk rutin berjalan daripada berlari.

Secara umum untuk menurunkan berat badan, Anda harus berada dalam defisit kalori. 

Menurut Lily, jika Anda membakar kalori dengan berjalan kaki, Anda tidak perlu terlalu membatasi diet Anda. Dengan begini, Anda lebih mungkin berhasil menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Baca juga: Awas, Ini Bahaya Menurunkan Berat Badan Terlalu Cepat!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com