Kompas.com - 27/06/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan dengan diet, menjadi pilihan yang umum diterapkan banyak orang. Jenis diet pun beragam, ada yang mengatur asupan karbohidrat hingga lemak.

Tentunya, Anda yang berniat menurunkan berat badan menginginkan metode diet sehat dan tetap aman untuk tubuh.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, menurunkan berat badan terlalu cepat berpotensi membuat seseorang kehilangan otot, tulang, dan air alih-alih lemak.

Maka, para ahli sepakat bahwa cara terbaik adalah menurunkan berat badan secara bertahap.

Baca juga: Makanan Tinggi Serat Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan jenis diet apa yang sesuai kondisi kesehatan. Berikut cara menurunkan berat badan yang dapat dicoba, dilansir dari WebMD, Jumat (15/2/2021).

1. Membuat rencana

Membuat perencanaan untuk program menurunkan berat badan, bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Misalnya, dengan mengatur asupan kalori yang masuk dan dibakar oleh tubuh.

Kuncinya adalah metabolisme tubuh, yang mengubah kalori menjadi energi. Pasalnya, bila kalori dibakar terlalu banyak justru bisa berdampak pada kesehatan.

Meski demikian, Anda tetap perlu membatasi kalori dengan mengurangi porsinya, membaca label kemasan makanan untuk mengetahui berapa banyak kalori dalam setiap porsi, dan banyak minum air putih agar menahan rasa lapar.

Di samping itu, konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak juga dinilai penting supaya tubuh tetap mendapatkan nutrisi.

2. Batasi gula tambahan

Kue merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung gula tambahan. Selain kue, minuman manis juga tinggi akan gula yang biasanya mengandung banyak kalori namun sedikit nutrisi.

Baca juga: 6 Alasan Minum Air Putih Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.