Vaksinasi Booster di Indonesia Baru Mencapai 24 Persen, Ini Pentingnya Vaksin Booster

Kompas.com - 25/06/2022, 16:03 WIB


KOMPAS.com - Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan capaian vaksinasi booster di Indonesia baru mencapai 24 Persen. Padahal, vaksin booster di masa pandemi Covid-19 ini sangatlah penting.

Kemenkes dan Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat, Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah vaksinasi Covid-19 terbanyak di dunia, menempati peringkat keempat setelah China, India dan Amerika Serikat.

Sasaran target vaksinasi nasional yakni sebesar 208.265.720 penduduk, namun masih 76 persen masyarakat Indonesia yang belum melakukan vaksinasi booster hingga saat ini.

Padahal, efektivitas vaksin Covid-19 dua dosis dalam vaksinasi primer seiring waktu akan terus menurun.

Ketua Komnas KIPI, Anggota ITAGI, Tim Pakar, Satgas COVID-19, BNPB, Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M. Trop.Paed mengatakan sudah hampir 100 persen vaksin Covid-19 yang sudah diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Simak, Ketentuan Baru Kemenkes soal Pelaksanaan Vaksinasi Booster Tahun 2022

"(Vaksin) booster sudah hampir 50 juta dosis, cuma (vaksinasi booster di Indonesia) itu baru sekitar 24 persen. Meski total (keseluruhan vaksin yang sudah diberikan) sudah 420 juta dosis (vaksin). Jadi kita tahu bahwa vaksin ini aman digunakan," kata dr Hinky dalam webinar Perjalanan Vaksinasi COVID-19: Pentingnya Vaksinasi Booster di Masa Pandemi, Sabtu (25/6/2022).

Sementara itu, terkait vaksin Covid-19 viral vektor, data surveilans KIPI menunjukkan bahwa vaksin tersebut aman sebagai vaksin primer maupun booster.

Jenis vaksin Covid-19 tersebut memberikan perlindungan tinggi dan konsisten setara dengan vaksin mRNA, bahkan saat diberikan pada kelompok rentan.

"Lebih dari 65 juta dosis vaksin Covid-19 viral vektor telah diberikan di Indonesia," kata dr Hinky.

Ia menambahkan bahwa hingga saat ini, data surveilans KIPI menunjukkan vaksin viral vektor tersebut aman digunakan, baik sebagai primer maupun dalam program vaksinasi booster.

Baca juga: Vaksinasi Booster Covid-19 Mulai 12 Januari, Bagaimana Mekanismenya?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.