Kompas.com - 25/06/2022, 07:00 WIB
ciri ciri bronkus -

KOMPAS.comBronkus adalah organ pernapasan manusia yang menjadi jalur udara menuju ke alveolus, tempat terjadinya pertukaran udara. Bronkus merupakan organ yang sangat penting. Jika bronkus tidak berfungsi dengan normal, maka akan menyebabkan bronkitis, asma, kanker paru, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Ciri-ciri bronkus

Berikut ini adalah ciri-ciri bronkus:

  • Bronkus merupakan terusan dari trakea yang terbagi menjadi dua dan masuk ke paru-paru. Tempat terbagi dua bronkus adalah kartilago karina.
  • Bronkus sebelah kanan lebih pendek, lebar, dan posisinya lebih vertikal daripada bronkus sebelah kiri. Bronkus sebelah kanan masuk ke dalam paru-paru pada ketinggian tulang thoracal ke-5.
  • Bronkus sebelah kiri lebih panjang, namun lebih sempit dan posisinya lebih horizontal. Bronkus sebelah kiri masuk ke dalam paru-paru pada ketinggian tulang thoracal ke-6. Posisi ini berada di bawah lengkung aorta.
  • Panjang brokus sebelah kanan adalah 2 sampai 3 sentimeter, sedangkan bronkus sebelah kiri 5 sentimeter.
  • Bronkus kanan akan terbagi menjadi 3 saluran, sementara bronkus kiri terbagi menjadi 2 saluran.
  • Struktur bronkus terdiri dari cincin-cincin kartilago atau tulang rawan yang berfungsi untuk mencegah obstruksi saluran napas.

Penyakit yang berhubungan dengan bronkus

Berikut ini adalah penyakit akibat gangguan bronkus:

Bronkitis akut

Bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan, kemudian memengaruhi bronkus. Kondisi ini menyebabkan bronkus membengkak. Gejala yang mungkin timbul antara lain batuk dan mengi.

Bronkitis kronis

Bronkitis kronis disebabkan oleh radang pada bronkus dan terdapat penumpukan mukus atas dahak. Gejalanya adalah batuk kronis dan sesak napas.

Baca juga: Alat-alat Ekskresi Manusia, Paru-paru hingga Kulit

Kemasukan benda asing

Kemasukan benda asing ke dalam saluran napas sering terjadi pada anak-anak yang memasukkan benda kecil ke dalam hidungnya. Jika sampai terhirup, benda akan menyangkut di bronkus. Untuk mengeluarkannya, perlu tindakan operasi dengan bius umum. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menutup jalur napas atau menyebabkan infeksi bakteri.

Asma

Asma sering disebut juga bronkospasme. Kondisi ini terjadi ketika bronkus mengalami penyempitan sehingga mengganggu udara yang masuk menuju alveolus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.