Kompas.com - 04/01/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah akan melaksanakan program vaksinasi dosis lanjutan atau booster mulai 12 Januari mendatang.

Adapun vaksin booster akan menyasar masyarakat berusia 18 tahun ke atas sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Melansir informasi resmi, vaksin booster diberikan ke kabupaten/kota yang telah memenuhi kriteria 70 persen untuk suntikan dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Sejauh ini, ada 244 kabupaten/kota yang telah memenuhi kriteria tersebut.

Dikonfirmasi Kompas.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster akan dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia.

“Serentak ya (pelaksanaan vaksin booster),” ujar Nadia melalui WhatsApp, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Studi: Vaksin Covid-19 Tidak Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Mekanisme pemberian vaksin booster

Nadia menjelaskan, penerima program vaksinasi booster tidak harus mendaftar melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Adapun kelompok lansia dan PBI (Penerima Bantuan Iuran) akan terlaksana seperti sistem yang ada sekarang. Sedangkan untuk kelompok lain atau mandiri dapat langsung datang ke fasilitas kesehatan masing-masing.

“Tidak harus (melalui PeduliLindungi). Nanti kalau yang lansia dan PBI seperti sistem yang ada saat ini. Kalau yang lain mandiri langsung ke faskes masing-masing,” jelasnya.

Bagaimana untuk biaya vaksinasi booster?

Terkait dengan biaya vaksinasi booster, PBI dan lansia sementara ini disediakan oleh pemerintah. Artinya, untuk kelompok ini tidak berbayar alias gratis.

Sementara itu, bagi kelompok lain atau mandiri, akan dikenai biaya vaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.