Kompas.com - 28/12/2021, 08:01 WIB


KOMPAS.com - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 tidak memengaruhi kesuburan atau fungsi ovarium pada wanita.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti Israel yang bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Sackler Universitas Tel Aviv, yang dipimpin oleh Dr. Aya Mohr-Sasson, seorang dokter senior di Divisi Wanita dan Maternitas di Sheba.

Penelitian tentang hubungan vaksin Covid-19 pada kesuburan wanita ini telah diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction.

“Vaksin itu jelas tidak mengganggu aktivitas ovarium. Penelitian ini pertama kalinya memberikan kita ukuran dan bukti yang sangat objektif mengenai kurangnya efek negatif vaksin pada fungsi kesuburan ovarium,” kata Wakil Direktur Divisi Wanita dan Kebidanan, Direktur Departemen Maternitas dan spesialis kesuburan di Sheba Medical Center, Prof. Jaron Rabinovici seperti dikutip dari The Jerusalem Post, Senin (27/12/2021). 

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap Kurang Efektif Lawan Varian Omicron, Jangan Abaikan Protokol Kesehatan

 

Studi melibatkan 200 wanita berusia 18-42 tahun dan diuji tingkat hormon anti-Mullerian (AMH).

Hormon ini dianggap sebagai ukuran yang dapat diandalkan untuk mengevaluasi kesehatan ovarium wanita dan kesuburan secara keseluruhan.

Para wanita dalam studi kesuburan dan vaksin tersebut diuji sebelum menerima suntikan vaksin Covid-19 Pfizer dosis pertama, dan kembali diuji tiga bulan setelah menerima dosis kedua.

Selain itu, responden juga diminta mengisi kuisioner mengenai siklus menstruasi dan kemungkinan efek sampingnya.

Sekitar 129 wanita menyelesaikan studi terkait pengaruh vaksin Covid-19 pada kesuburan wanita tersebut, dengan beberapa menjadi hamil atau terinfeksi virus.

Tingkat AMH di semua wanita yang merupakan bagian dari kelompok akhir tetap tidak berubah.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.