Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Tersembunyi Ditemukan di Antartika, Apa Isinya?

Kompas.com - 13/06/2022, 11:01 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ekosistem yang belum pernah terlihat sebelumnya ditemukan di sungai bawah tanah, jauh di bawah permukaan es di Antartika.

Di dalam dunia tersembunyi itu, peneliti menyebut menemukan kawanan mahluk kecil seperti udang.

Dikutip dari Live Science, Sabtu (11/6/2022) habitat tersembunyi tersebut tepatnya terselip di bawah Larsen Ice Shelf, lapisan es besar yang mengapung dan menempel di pantai timur semenanjung Antartika.

Baca juga: Pertama Kali, Mikroplastik Ditemukan di Salju Antartika yang Baru Turun

Foto satelit menunjukkan alur yang tak biasa di Larsen Ice Shelf. Peneliti mengidentifikasi fitur aneh sebagai sungai di bawah permukaan es.

Untuk mengetahui lebih lanjut, peneliti pun mengebor sekitar 500 meter di bawah permukaan es menggunakan selang air panas yang kuat untuk mencapai runag bawah tanah itu.

Saat peneliti mengirim kamera ke bawah melalui terowongan es bekas pengeboran, ratusan bintik kecil buram di air membuat kabur video.

Awalnya, tim mengira peralatan mereka rusak. Tetapi setelah memfokuskan kembali kamera, mereka menyadari bahwa lensa itu dipenuhi oleh krustasea kecil yang dikenal sebagai amphipoda.

Peneliti pun terkejut karena tak menyangka akan menemukan jenis kehidupan apa pun sejauh ini di bawah permukaan es. Sebab sebelumnya, tak diketahui jika tempat tersebut menyembunyikan kehidupan.

"Menemukan semua hewan yang berenang di sekitar kamera kami, menunjukkan bahwa jelas ada ekosistem penting yang ada di sana," kata Craig Stevens, ahli kelautan fisik di National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) di Auckland, New Zealand, dalam sebuah pernyataan.

Para ahli sendiri telah lama menduga bahwa ada jaringan sungai, danau, dan muara yang luas di bawah Antartika, tetapi sampai sekarang fitur-fitur ini kurang dipelajari.

Baca juga: Anjing Laut Bantu Peneliti Jepang Kumpulkan Data di Bawah Es Antartika

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com