Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jenis Vaksinasi untuk Orang Dewasa, dari Influenza hingga HPV

Kompas.com - 16/04/2022, 08:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Ahli mengingatkan bahwa vaksinasi tidak hanya berlaku dan penting bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa. Ada beberapa pilihan imunisasi untuk orang dewasa yang disarankan, dari vaksin influenza hingga HPV.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (Peralmuni) Prof Dr dr Iris Rengganis, Sp.PD-KAI dalam Konferensi Pers Pekan Imunisasi Dunia 2022, Kamis (14/4/2022).

“Perlu diketahui bahwa imunisasi masih diperlukan saat seseorang menginjak usia dewasa,” kata Iris.

Pemberian imunisasi bagi orang dewasa bertambah penting untuk melindungi populasi yang lebih baik di tengah situasi pandemi Covid-19.

Iris menjelaskan, memang sebenarnya tidak ada program wajib dari pemerintah Indonesia terkait imunisasi atau vaksinasi untuk orang dewasa, hanya ada anjuran saja.

“Sampai saat ini vaksinasi untuk orang dewasa hanya anjuran, tapi bukan program pemerintah,” kata dia.

“Diharapkan ke depannya ini (vaksinasi untuk dewasa) bisa dijadikan program pemerintah, tapi memang ini akan membutuhkan pendanaan, pematangan strategi dan lain sebagainya,” tambahnya.

Baca juga: Pentingnya Vaksinasi Influenza untuk Cegah Flu di Tengah Pandemi Covid-19

Untuk diketahui, vaksinasi untuk orang dewasa ini tidak selalu sama disetiap negara. Ada negara yang mengharuskan kita untuk melakukan vaksinasi tertentu, karena kemungkinan besar ada penyakit endemik di negara tersebut yang harus dihindari.

Maka dari itu, sebelum masuk ke suatu negara pastikan Anda mengetahui aturan dan syarat tentang vaksinasi yang diharuskan di negara tersebut.

Iris menyebutkan bahwa Peralumni berkomitmen untuk memajukan dan mengembangkan pengetahuan di bidang Alergi-Imunologi untuk kepentingan kesehatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Untuk itu, kami berkolaborasi dengan Sanofi Indonesia untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya imunisasi, dan mengimbau mereka untuk tidak menunda imunisasi rutin dan lengkap, meskipun di tengah pandemi.

Jenis vaksinasi untuk orang dewasa

Ada beberapa jenis imunisasi atau vaksinasi yang dianjurkan karena penting untuk diberikan pada orang dewasa, di antaranya yakni:

1. Vaksinasi influenza

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan vaksinasi flu musiman dilakukan setiap satu tahun sekali. Sebab, influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus flu atau virus influenza.

Baca juga: Vaksinasi Influenza Turunkan Risiko Kematian Lansia, Kok Bisa? Ini Kata Ahli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com