Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Vaksinasi Influenza untuk Cegah Flu di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 20/11/2021, 12:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Memasuki musim hujan seperti sekarang, berbagai penyakit termasuk flu kerap dialami oleh banyak orang. Vaksinasi influenza untuk cegah flu parah sangat dianjurkan dan penting dilakukan selama pandemi Covid-19.

Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus flu atau virus influenza.

"Penggunaan vaksin influenza disarankan bagi orang-orang yang rentan terkena influenza atau ingin mencegah terjadinya co-infection atau infeksi secara bersamaan antara influenza dan Covid-19," ujar Head of Medical Sanofi Pasteur Indonesia, dr Dhani Arifandi dalam konferensi pers Pentingnya Vaksinasi Flu di Masa Pandemi Covid-19, Jumat (19/11/2021).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksinasi flu musiman satu tahun sekali.

Sebab, kekebalan tubuh dari vaksin flu hanya bertahan setahun saja, juga mengingat biasanya strain atau tipe virus flu bisa berubah setiap tahun.

“Kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya seperti influenza," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi, M. Epid dalam keterangannya. 

Baca juga: Vaksinasi Influenza Turunkan Risiko Kematian Lansia, Kok Bisa? Ini Kata Ahli

 

 

Selama pandemi Covid-19, WHO merekomendasikan penggunaan vaksin flu atau vaksinasi influenza untuk kelompok dengan risiko tinggi, di antaranya:

  • Balita
  • Orang lanjut usia (lansia)
  • Orang dengan komorbid seperti jantung, HIV/AIDS, diabetes maupun penyakit lainnya
  • Ibu hamil
  • Tenaga kesehatan
  • Wisatawan 

WHO juga mencatat pada 2018, sekitar 3 sampai 5 juta orang di seluruh dunia terkena infeksi virus influenza berat setiap tahun. Dari jumlah tersebut, diperkirakan 290.000 hingga 650.000 orang meninggal per tahunnya.

Maka, vaksinasi flu selama pandemi Covid-19 sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak yang membahayakan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Prof DR dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI memaparkan, rekomendasi jadwal imuniasi influenza pada orang dewasa tahun 2021 yang telah disusun PAPDI.

Berdasarkan rekomendasi tersebut, vaksin influenza dewasa sangat dianjurkan, yakni untuk orang dengan usia 19 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi influenza secara rutin, guna meningkatkan kekebalan selama pandemi Covid-19.


Baca juga: Siapa Saja yang Perlu Vaksinasi Influenza? Ahli Memaparkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com