Kehidupan di Venus Bisa Tersembunyi di Awan Anehnya

Kompas.com - 04/01/2022, 10:01 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Venus dianggap sebagai planet tak ramah, karena tak ada kehidupan apapun yang bisa bertahan di sana.

Namun peneliti sebenarnya masih mempertanyakan adanya kemungkinan kehidupan di planet tersebut.

Untuk mengetahuinya, sebuah tim peneliti melakukan pemodelan atmosfer Venus untuk menemukan data yang dapat membantu menjelaskan unsur kimia membingungkan di awan planet itu.

Sebelumnya, ide kontroversi menyebut kalau kemungkinan ada kehidupan di atmosfer Venus. Dan rencananya itu akan diselidiki oleh beberapa misi yang diluncurkan ke planet tersebut.

Baca juga: Usai NASA, Badan Antariksa Eropa Juga Kirim Wahananya ke Venus

Venus sendiri merupakan planet kedua dari Matahari, letaknya membuat planet tersebut jauh lebih panas daripada Bumi. Selain panas, Venus adalah gurun gersang dan berbatu yang didominasi oleh gunung berapi dan awan asam sulfat yang beracun.

Lapisan awan itu tebalnya sekitar 19 kilometer dan menyelimuti permukaan planet hampir sepanjang waktu. Baru-baru ini lapisan awan tersebut menjadi sorotan sebagai tempat persembunyian yang memungkinkan bagi kehidupan alien.

Mengutip Gizmodo, Senin (3/1/2022) studi terbaru ini mencoba memodelkan awan-awan itu secara lebih mendalam untuk mengungkap ide kemungkinan kehidupan di Venus.

Hasil pemodelan menemukan, bahwa awan di planet ini tak sepenuhnya terdiri dari asam sulfat tetapi memiliki sejumlah campuran garam amonium.

"Model kami memprediksi bahwa awan tak seluruhnya terbuat dari asam sulfat pekat, tetapi tetesan awan sebagian dinetralkan. Senyawa yang menetralkan itu adalah amonia," kata Janusz Petkowski, ahli astrobiologi dari MIT.

Sumber amonia tak diketahui, tetapi bisa jadi merupakan hasil produksi biologis amonia dalam tetesan awan.

Sebagai hasil dari netralisasi asam itu, awan menjadi tak lebih asam dari beberapa lingkungan terestrial ekstrem yang menampung kehidupan.

Amonia sendiri menurut peneliti seharusnya tak ada di Venus. Gas apa pun yang tak termasuk dalam konteks lingkungannya secara otomatis dicurigai dibuat oleh kehidupan.

Dalam pemodelan, jika mikroorganisme berada di Venus dan memproduksi amonia, oksigen akan dilepaskan sebagai produk sampingan. Selanjutnya, amonia yang bersifat basa akan menetralkan tetesan asam sulfat di awan yang membuatnya agak layak huni.

Studi terbaru ini dilakukan berdasarkan pada penelitian yang dipublikasikan tahun lalu yang mengklaim berhasil mendeteksi gas fosfin di atmosfer Venus.