Ilmuwan Ungkap Tidak Mungkin Ada Kehidupan di Awan Planet Venus

Kompas.com - 03/07/2021, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor

KOMPAS.com - Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan dari Eropa dan Amerika Serikat melaporkan, bahwa hampir tidak mungkin ada tanda kehidupan di awan planet Venus.

Mereka mengatakan bahwa di awan planet yang panas tersebut tidak ada cukup air yang bisa mendukung kehidupan seperti yang diketahui selama ini.

Tim peneliti telah menyelidiki tentang potensi kehidupan di Venus ini, setelah adanya pengumuman pada September 2020 lalu, bahwa ada organisme kecil yang aneh, yang mungkin bersembunyi di awan tebal Venus.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (3/7/2021) melalui pengamatan pesawat ruang angkasa, tim riset terbaru menemukan tingkat kandungan air di planet Venus lebih dari 100 kali lebih rendah untuk mendukung bentuk kehidupan seperti di Bumi.