Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Ungkap Tidak Mungkin Ada Kehidupan di Awan Planet Venus

Kompas.com - 03/07/2021, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor


KOMPAS.com - Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan dari Eropa dan Amerika Serikat melaporkan, bahwa hampir tidak mungkin ada tanda kehidupan di awan planet Venus.

Mereka mengatakan bahwa di awan planet yang panas tersebut tidak ada cukup air yang bisa mendukung kehidupan seperti yang diketahui selama ini.

Tim peneliti telah menyelidiki tentang potensi kehidupan di Venus ini, setelah adanya pengumuman pada September 2020 lalu, bahwa ada organisme kecil yang aneh, yang mungkin bersembunyi di awan tebal Venus.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (3/7/2021) melalui pengamatan pesawat ruang angkasa, tim riset terbaru menemukan tingkat kandungan air di planet Venus lebih dari 100 kali lebih rendah untuk mendukung bentuk kehidupan seperti di Bumi.

Baca juga: Venus Simpan Misteri Kehidupan, NASA Pertimbangkan Misi ke Planet Ini

 

 

"Ini hampir di bawah skala dan jarak yang tak terjembatani dari apa yang dibutuhkan kehidupan untuk aktif," kata penulis utama studi kehidupan di awan planet Venus, John Hallsworth, ahli mikrobiologi di Queen's University Belfast di Irlandia Utara, seperti dilansir dari Associated Press.

Hallsworth dan timnya meneliti mikroba yang paling toleran terhadap lingkungan kering dan juga paling toleran terhadap asam di Bumi, yang mana mikroba ini memiliki peluang untuk hidup di Venus.

Kendati penemuan terbaru menepis kemungkinan bahwa planet Venus bisa ditinggali organisme berbasis air, namun para ilmuwan juga mengidentifikasi planet lain, Jupiter.

Para ilmuwan ini mengatakan bahwa palanet terbesar di Tata Surya ini memiliki kandungan air yang cukup di awan dan suhu atmosfer yang sesuai untuk mendukung kehidupan, dibandingkan dengan awan planet Venus.

Baca juga: Ahli Temukan Gas di Venus yang Terkait dengan Kehidupan Bumi

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com