Kompas.com - 27/11/2021, 19:31 WIB
Pusat desalinasi air laut di Arab Saudi, negara tanpa sungai Marafiq - USSaudiPusat desalinasi air laut di Arab Saudi, negara tanpa sungai

KOMPAS.com - Bagi negara tanpa sungai, umumnya mereka mengandalkan air laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan beberapa daerah di Indonesia juga menggunakan air laut untuk minum. Bukannya air laut rasanya asin? Tenang saja, air laut akan melalui proses yang bernama desalinasi air laut.

Proses desalinasi air laut

Desalinasi air laut adalah proses mengolah air laut menjadi air tawar. Secara umum, terdapat tiga jenis proses desalinasi.

1. Proses distilasi atau penyulingan

Proses yang pertama adalah dengan cara memanaskan air laut hingga menjadi uap air. Uap ini akan didinginkan dan menghasilkan titik-titik air tawar yang bisa ditampung. Ini adalah proses yang paling sederhana di antara tiga proses desalinasi. Sayangnya, proses ini kurang efektif karena tidak bisa menghasilkan air dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat.

2. Proses penukar ion

Proses desalinasi yang kedua adalah penukar ion. Proses ini menggunakan proses kimiawi untuk memisahkan garam dari air. Ion garam di dalam air laut akan ditukar dengan ion lain yang berasal dari alam atau sintetis.

3. Proses filtrasi atau reverse osmosis

Proses reverse osmosis adalah proses yang paling banyak digunakan di dunia. Proses ini menggunakan filter semipermeabel untuk memisahkan molekul garam dari air laut. Air memiliki molekul yang lebih kecil dibandingkan garas, sehingga bisa melewati filter. Sedangkan garam akan tertahan oleh filter.

Baca juga: Negara Tanpa Sungai di Dunia dan Sumber Air yang Digunakan

Kadar garam di dalam air laut dan air tawar

Untuk memahami sejauh mana desalinasi air laut dilakukan, penting bagi kita untuk mengenal jenis-jenis air tawar, air saline, dan air laut. Ketiganya dibedakan berdasarkan kandungan partikel garam larut dalam air dan dinyatakan dalam part per million (ppm).

  • Air tawar (air yang bisa dijadikan air minum): kurang dari 1.000 ppm
  • Air saline ringan: 1.000 sampai 3.000 ppm
  • Air saline sedang: 3.000 sampai 10.000 ppm
  • Air saline tinggi (air laut): 10.000 sampai 35.000 ppm

Garam larut ini yang akan disaring pada proses desalinasi sehingga air laut bisa menjadi air tawar dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.