Kompas.com - 27/11/2021, 17:30 WIB
Citra satelit yang menunjukkan adanya pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 94W (lingkaran biru) di Samudera Pasifik utara Papua, Senin (12/4). BNPBCitra satelit yang menunjukkan adanya pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 94W (lingkaran biru) di Samudera Pasifik utara Papua, Senin (12/4).


KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia masih harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem akibat pengaruh adanya bibit siklon tropis dan kondisi atmosfer lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto dalam peringatan dini cuaca per tiga harian yang di-update pada pukul 14.51, Sabtu (27/11/2021).

Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi risiko dan dampak cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas deras yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir, yang bisa terjadi selama tiga hari ke depan.

Pertama, dari hasil analisis BMKG, bibit siklon tropis 94W dengan tekanan minimum 1008 mb dan intensitas 15 knot dengan arah gerak ke barat-barat laut terpantau di Laut Cina Selatan.

Menurut Guswanto, bibit siklon ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang di perairan sebelah Timur Vietnam.

Baca juga: BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 92W, Ini Dampak Cuaca di Indonesia

 

"Potensi (bibit siklon tropis 94W berkembang) dalam 24 jam ke depan untuk menjadi siklon tropis yakni rendah," kata dia.

Selanjutnya, adanya sirkulasi siklonik terpantau di perairan Selatan Nusa Tenggara Timur yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Jawa, dari Jawa Barat hingga perairan utara Jawa Tengah dan dari Jawa Timur hingga Laut Jawa.

Sementara itu, daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatera bagian selatan hingga Laut Jawa bagian barat, di Kalimantan bagian tengah, di Sulawesi bagian selatan dan dari Maluku Utara hingga perairan selatan Papua Barat.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," tulisnya.

Oleh karena itu, berikut beberapa daftar wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem akibat perkembangan bibit siklon tropis, berupa hujan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir tiga hari ke depan.

Baca juga: BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 94W, Apa Dampak Cuaca di Indonesia?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.