Kompas.com - 28/09/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi pemeriksaan penyakit jantung koroner atau arteri koroner. Penyakit kardiovaskular. Ilustrasi pemeriksaan penyakit jantung koroner atau arteri koroner. Penyakit kardiovaskular.


KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, risiko terkena penyakit jantung bagi orang Indonesia juga semakin meningkat. Ini sangat berkaitan erat dengan pola hidup yang tidak sehat dan kurang rutin pemeriksaan kesehatan.

Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Siloam Lippo Village, dr. Vito Anggarino Damay, Mkes, SpJP(K) FIHA FICA mengatakan, ada banyak sekali penyebab yang membuat orang Indonesia sangat rentan terkena penyakit jantung.

Hal ini dianggap mengkhawatirkan dan perlu dicegah, karena akan berdampak pada penurunan angka harapan hidup orang tersebut jika suatu saat terinfeksi Covid-19.

Vito menjelaskan, penyakit jantung bukan hanya serangan jantung saja, tapi ada juga irama jantung dan lainnya. Jantung koroner juga belum kalah dari Covid-19.

Saat pandemi, 80 persen pasien Covid-19 yang memiliki riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah, serta penyakit lain dapat berisiko terjadinya obesitas, stroke, diabetes dan hipertensi.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner, Gejala, Penyebab, dan Perawatannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sehingga, perlu sekali masyarakat mengetahui apa saja yang menyebabkan orang Indonesia sangat berisiko terkena penyakit jantung selama pandemi Covid-19.

1. Makanan 

Makanan menyumbang 30 persen kelainan kolesterol. Lebih dari 50 persen orang Indonesia mempunyai kadar kolesterol di atas optimal.

Menurut Vito, seperti kita tahu sebagian besar orang Indonesia lebih menyukai makanan yang tidak sehat, seperti mengandung lemak, gula atau garam yang tinggi.

Bahkan, ini tidak diimbangi dengan memperbanyak pula asupan makanan sehat, kaya serat, protein, vitamin dan lain sebagainya.

2. Work form home (WFH)

Kerja dari rumah yang memiliki waktu kerja tidak menentu dapat membuat seseorang makan dan ngemil kapan saja. 

Aktivitas ini jelas sekali akan berdampak pada optimalisasi fungsi dan kerja organ-organ di dalam tubuh, terutama organ jantung.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Melindungi dari Penyakit Jantung, Studi Jelaskan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.