Kompas.com - 27/09/2021, 17:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Sumur Barhout atau yang dikenal sebagai sumur neraka merupakan keajaiban alam yang baru sedikit dipahami oleh para ilmuwan.

Sumur neraka berlokasi di timur Yaman, lebih dekat ke perbatasan dengan Oman dibandingkan ke Ibu Kota Sanaa yang jaraknya 1.300 km.

Lubang raksasa di gurun Provinsi Al-Mahra ini memiliki lebar 30 meter dan kedalamannya diperkirakan antara 100 hingga 250 meter.

Pejabat Yaman mengatakan, mereka tidak tahu apa yang ada di bawah sumur neraka karena sumur tersebut sangat dalam.

“Ini sangat dalam. Kami belum pernah mencapai dasar sumur ini karena hanya ada sedikit oksigen dan tidak ada ventilasi,” ujar Salah Babhair, Direktur Jenderal Survei Geologi dan Sumber Daya Mineral Al-Mahra, dilansir dari English Al Arabiya.

Baca juga: Ekspedisi Sumur Neraka Temukan Ular hingga Mutiara Gua

Babhair mengatakan bahwa sumur neraka telah berusia jutaan tahun. Menurutnya, dibutuhkan lebih banyak studi dan penyelidikan untuk mengetahui tentang sumur neraka.

Mitos sumur neraka

Cerita rakyat setempat mengatakan bahwa sumur neraka dibuat sebagai penjara bagi setan dan pintu gerbang menuju neraka. Reputasi ini didukung oleh bau busuk yang berasal dari kedalamannya.

Sumur neraka dianggap dapat mendatangkan nasib buruk. Beberapa orang juga percaya bahwa jika mereka terlalu dekat dengan sumur neraka, lubang tersebut akan menarik mereka ke dalamnya.

Dilansir dari AFP, ada pula yang mengatakan bahwa sumur neraka sebenarnya adalah gunung berapi super yang mampu menghancurkan Bumi.

Isi sumur neraka

Dilansir dari Live Science, beberapa waktu yang lalu, tim penjelajah yang terdiri dari 10 anggota Tim Eksplorasi Gua Oman (OCET) menjelajahi sumur neraka menggunakan sistem katrol dengan menurunkan 8 anggotanya ke bawah dan 2 anggota lainnya tetap di atas.

Baca juga: Tampak Seperti Menguras Lautan, Ini Penjelasan di Balik Sumur Thor

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.