Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Kopi Bisa Melindungi dari Penyakit Jantung, Studi Jelaskan

Kompas.com - 01/09/2021, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com - Studi baru yang belum lama ini disampaikan dalam sebuah pertemuan tahuan European Society of Cardiology, mengungkapkan bahwa dengan minum kopi dapat melindungi dari risiko penyakit jantung.

Di antara orang-orang tanpa diagnosis penyakit jantung, minum kopi secara teratur 0,5 sampai tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Selain itu, konsumsi kopi dapat menurunkan risiko stroke dan kematian dini dari penyebab apapun, bila dibandingan dengan orang yang tidak minum kopi.

Dilansir dari CNN, Rabu (1/9/2021), dalam penelitian tersebut para peneliti mengamati perilaku minum kopi pada lebih dari 468.000 orang yang berpartisipasi dalam UK Biobank Study.

UK Biobank Study adalah wadah yang menampung informasi genetik dan kesehatan mendalam pada lebih dari setengah juta orang Inggris.

Baca juga: 12 Manfaat Minum Kopi, Bisa Membuat Panjang Umur

 

Temuan dari studi ini menambah lagi manfaat kopi bagi kesehatan, setelah studi yang menunjukkan manfaat minum kopi dalam melindungi orang dewasa dari berbagai penyakit selain penyakit jantung, seperti.

  1. Diabetes mellitus tipe 2
  2. Penyakit Parkinson
  3. Penyakit hati
  4. Kanker prostat
  5. Alzhaeimer
  6. Sakit punggung dan lain sebagainya.

Terkait penyakit jantung, analisis besar dari tiga studi utama yang diterbitkan pada bulan April lalu, menemukan bahwa dengan minum satu cangkir kopi atau lebih, dapat menurunkan risiko gagal jantung jangka panjang.

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, analisis dua studi pada April lalu itu menemukan risiko gagal jantung dari waktu ke waktu menurun antara 5 persen hingga 12 persen untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari.

Risiko gagal jantung tetap sama bagi orang yang tidak minum kopi atau yang hanya meminum secangkir kopi per hari dalam studi ketiga.

Akan tetapi, berdasarkan analisis studi ketiga, orang yang minum dua cangkir kopi hitam atau lebih, risiko penyakit gagal jantung yang dapat dialaminya menurun sekitar 30 persen.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga bisa Bakar Lebih Banyak Lemak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com