Kompas.com - 11/05/2021, 07:31 WIB
Ilustrasi kopi UnsplashIlustrasi kopi

KOMPAS.com - Membayangkan bangun di pagi hari sambil menyeruput secangkir kopi panas begitu menyenangkan. Sebagian orang bahkan tidak bisa memulai harinya tanpa kopi. Konsumsi kopi seolah menjadi kebutuhan pokok seperti makanan. Tapi, adakah manfaat kopi untuk tubuh Anda?

Berita baik untuk Anda yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Berbagai studi menunjukkan bahwa kopi mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan, terutama pada wanita. Contohnya adalah Alzheimer dan penyakit jantung.

“Kafein adalah hal pertama yang terpikir ketika Anda membayangkan kopi. Tapi, kopi juga mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya yang bermanfaat mengurangi radang dan melindungi dari pernyakit,” kata Diane Vizthum, M.S., R.D., peneliti gizi dari Johns Hopkins University.

Dilansir dari Health Line (20/11/2018), berikut manfaat minum kopi menurut sains.

Meningkatkan energi

Kopi bisa membuat orang merasa lebih berenergi dan tidak mudah lelah. Ini disebabkan kandungan kafein di dalam kopi. Selain itu, banyak manfaat kopi yang telah dibuktikan oleh beberapa studi bahwa kopi memengaruhi fungsi otak.

Baca juga: Bolehkah Anak-anak Minum Kopi? Ini Kata Dokter

Kopi bisa meningkatkan kinerja hingga 11-12% dengan beberapa mekanisme. Mekanisme yang terjadi antara lain menstimulasi sistem saraf pusat memecah sel lemak dan mengubahnya menjadi energi dan meningkatkan adrenalin dalam darah. Anda bisa meminum secangkir kopi setengah jam sebelum Anda berolahraga.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membakar lemak

Kafein dengan mudah ditemukan dalam berbagai suplemen untuk menurunkan berat badan. Dalam studi yang dipublikasikan di Pubmed NCBI pada 2004, kafein terbukti meningkatkan pembakaran lemak 10% pada orang dengan obesitas dan 29% pada orang yang kurus.

Studi lainnya menyebutkan bahwa kafein meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3-11%. Ini sangat menguntungkan bagi Anda yang berencana menurunkan berat badan.

Mengadung nutrisi esensial

Secangkir kopi hitam mengandung riboflavin (vitamin B2) sebesar 11% dari kebutuhan harian, asam pantotenat (vitamin B5) sebesar 6%, mangan dan potasium sebanyak 3%, serta magnesium dan niacin (vitamin B3) sebesar 2% dari kebutuhan harian.

Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 telah menyerang banyak orang. Penyakit ini ditandai dengan gula darah yang tinggi akibat menurunnya kemampuan memproduksi insulin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X