Kompas.com - 14/04/2021, 04:02 WIB
Ilustrasi minum kopi, manfaat minum kopi, kafein, konsumsi kopi. PEXELS/BURSTIlustrasi minum kopi, manfaat minum kopi, kafein, konsumsi kopi.


KOMPAS.com- Sebagian besar masyarakat Indonesia terbiasa untuk menyeruput kopi atau teh yang mengandung kafein saat sarapan. Lantas, apa efek konsumsi kopi saat puasa Ramadhan?

Kebiasaan minum kopi juga dilakukan saat berkumpul atau nongkrong dengan teman. Bahkan, tidak sedikit yang merasa kurang bergairah saat melakukan aktivitas harian, jika tidak minum kopi meskipun hanya segelas saja.

Mungkin Anda adalah salah satunya?

Lalu bagaimana dengan minum kopi di pagi hari selama Ramadhan, yakni saat sahur, apakah kebiasaan ini berpengaruh terhadap ketahanan tubuh menjalankan puasa?

Menjawab hal itu, Dokter Spesialis Gizi Klinik, RS Pondok Indah-Pondok Indah, dr Tirta Prawita Sari MSc SpGK mengatakan, bagi Anda yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Baca juga: 8 Cara Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat Dikonsumsi

 

"Mungkin dapat dikurangi saja jumlah (konsumsi) kopinya," kata dia.

Apabila Anda terbiasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, maka selama berpuasa di bulan Ramadhan ini, Anda dapat mengurangi konsumsi kopi menjadi 1 sendok teh saja.

Hal ini perlu dilakukan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein selama berpuasa, umumnya bisa berpengaruh terhadap berbagai kondisi sebagai berikut.

1. Efek diuresis

Tirta menjelaskan, efek pengaruh pertama yang bisa terjadi diakibatkan kebanyakan mengonsumsi kafein terutama kopi adalah efek diuresis.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga bisa Bakar Lebih Banyak Lemak

 

Efek diuresis adalah peningkatan produksi urin, sebagai efek samping konsumsi kafein.

"Efek diuresis sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya," ujarnya.

2. Dehidrasi

Seperti diketahui, di bulan Ramadhan, umat muslim yang menjalankan puasa tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama kurang lebih 11 jam, atau tepatnya dari sebelum terbit hingga terbenam matahari.

Jika terlalu banyak konsumi kafein dalam kopi, dan terjadi efek diuresis, maka hal ini justru akan membuat Anda merasakan dehidrasi saat menjalankan puasa.

Baca juga: Jangan Minum Kopi Sebelum Sarapan, Studi Jelaskan Alasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X