Kompas.com - 14/04/2021, 09:03 WIB
Monyet hidung besar betina memiliki suara khas untuk memberi peringatan kepada pejantan saat melihat predator.

newscientistMonyet hidung besar betina memiliki suara khas untuk memberi peringatan kepada pejantan saat melihat predator.

KOMPAS.com - Ada perilaku unik yang ditemukan pada monyet hidung besar (Cercopithecus nictitans) yang hidup di Afrika Barat.

Peneliti menemukan jika betina dari spesies monyet ini akan melakukan semacam teriakan panggilan yang berfungsi sebagai alarm bagi pejantan saat melihat predator mendekat.

Seperti dikutip dari New Scientist, Selasa (13/4/2021) monyet hidung besar ini hidup berkelompok yang terdiri dari satu jantan dan banyak betina bersama keturunannya.

Baca juga: Jarang Terjadi, Monyet Ini Tertangkap Melakukan Tindakan Kanibalisme

Jantan cenderung berkeliaran lebih jauh dari kawanan dan meninggalkan betina untuk mencari makan sendiri. Namun baik betina dan jantan akan tetap waspada dan bahkan memperingatkan ketika predator berada didekatnya.

Menariknya, komunikasi pada spesies ini akan memunculkan vokalisasi berbeda yang bergantung pada jenis kelaminnya.

Betina akan menghasilkan satu suara khas untuk mengingatkan monyet lain saat ada predator apapun didekatnya.

Sementara jantan akan menggunakan panggilan berbeda berdasarkan jenis pemangsa yang terlihat. Seperti misalnya seruan saat melihat macan tutul akan berbeda dengan panggilan saat jantan melihat elang.

Claudia Stephan dari Wildlife Conservation Society, Republik Kongo ingin melihat perbedaan antara monyet hidung besar jantan dan betina dalam menanggapi panggilan tersebut.

Ia kemudian bersama rekannya Frederic Gnepa Mehon melakukan pengamatan 19 kelompok monyet yang berbeda di Taman Nasional Nouabalé-Ndoki.

Untuk setiap kelompok, kedua peneliti dan rekannya menunggu sampai satu-satunya pejantan berada sekitar 20 meter dari kelompok.

Kemudian seorang sukarelawan, yang ditutupi kain bermotif macan tutul untuk meniru predator, mendekati jantan atau kelompok betina yang sendirian.

Saat macan tutul tiruan itu mendekati pejantan, maka monyet tersebut akan membuat panggilan khas melihat macan tutul.

Pejantan kemudian mulai menunjukkan perilaku gerombolan seperti goyangan pohon untuk mencegah predator.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Sering Curi Cermin, Benarkah Monyet Suka Becermin?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X