Kompas.com - 09/05/2021, 17:45 WIB
Ilustrasi anak minum kopi Dimedrol68Ilustrasi anak minum kopi

KOMPAS.com - Melihat kebiasaan orangtua yang selalu minum kopi setiap hari, tentu membuat anak tertarik dan ingin mencicipinya. Apalagi, anak selalu ingin melakukan apa yang dilakukan orangtuanya.

Namun sebenarnya, bolehkah anak-anak minum kopi?

Menurut dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K) Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indah, anak tidak disarankan minum kopi, karena kopi tidak mengandung nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, lemak atau protein, maupun mikronutrien.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan akibat Terlalu Banyak Minum Kopi, Menurut Sains

“Lambung anak terutama di bawah usia 5 tahun masih memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga mengonsumsi kopi mengambil porsi makanan atau minuman yang lebih bergizi untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak,” jelasnya kepada Kompas.com.

Dr. Cut melanjutkan, kopi juga memiliki kandungan zat tannin yang dapat mengikat zat besi, sehingga sulit untuk diserap oleh tubuh.

Padahal anak memerlukan zat besi tersebut, demi mencegah anemia dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indahdok. RSPI dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indah

Selain itu, kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan insomnia, gelisah, sakit perut, sakit kepala, kesulitan berkonsentrasi, dan peningkatan detak jantung.

Melansir Very Well Family, pada anak-anak yang lebih kecil, gejala-gejala tersebut bisa muncul meski hanya mengonsumsi sedikit kopi.

Lebih jauh, masa kanak-kanak dan remaja adalah masa paling penting untuk penguatan tulang. Terlalu banyak kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium, yang berdampak negatif pada pertumbuhan yang tepat.

Baca juga: Anak Minum Kopi, Benarkah Dapat Menghambat Tumbuh Kembangnya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X