Kompas.com - 10/05/2021, 18:50 WIB
Ilustrasi kacang hijau. PIXABAY/PDPICSIlustrasi kacang hijau.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comKacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki gizi seimbang dan lengkap.

Vitamin, mineral, dan enzim bermanfaat menjadikan kacang hijau sebagai bagian penting dari makanan sehat.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram kacang hijau rebus mengandung 7 gram protein, 19,15 gram karbohidrat, dan 7,6 gram serat makanan.

Dilansir dari Medical News Today, 11 Januari 2019, kacang hijau memiliki sifat antioksidan, antijamur, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selengkapnya, berikut adalah manfaat kacang hijau untuk kesehatan, dilansir dari Healthline, 25 Juli 2018.

Baca juga: Studi: Manfaat Kacang untuk Kualitas Sperma, Bikin Lebih Subur

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan lain-lain.

Studi tabung reaksi menemukan, antioksidan dalam kacang hijau dapat menetralkan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

2. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa kacag hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X