Kompas.com - 11/05/2021, 07:00 WIB
Pasien yang menderita penyakit coronavirus (COVID-19) menerima perawatan di dalam bangsal gawat darurat di Rumah Sakit Keluarga Suci di New Delhi, India, Kamis (29/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/DANISH SIDDIQUIPasien yang menderita penyakit coronavirus (COVID-19) menerima perawatan di dalam bangsal gawat darurat di Rumah Sakit Keluarga Suci di New Delhi, India, Kamis (29/4/2021).

KOMPAS.com - Ratusan pasien dan penyintas Covid-19 di beberapa negara bagian India terdeteksi mengalami infeksi mukormikosis.

Mukormikosis adalah infeksi langka tetapi serius dan bisa berakibat fatal. Penyakit ini sering disebut sebagai infeksi jamur hitam.

Dilansir Indian Express, Senin (10/5/2021) penyakit ini sering bermanifestasi di kulit dan juga menyerang paru-paru dan otak.

Dengan sejumlah kasus mukormikosis terdeteksi di Delhi, Maharashtra dan Gujarat, para ahli di satuan tugas Covid-19 India pada Minggu (9/5/2021) mengeluarkan peringatan berbasis bukti tentang penyakit tersebut.

Terlebih, peningkatan kasus mukormikosis pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan penyintas Covid-19, membuat beberapa orang memerlukan tindakan pembedahan segera.

Baca juga: Ratusan Pasien Covid-19 India Alami Mukormikosis, Infeksi Jamur Langka

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mukormikosis, penyakit apa itu?

Meski jarang terjadi, mukormikosis adalah infeksi serius yang bisa berakibat fatal. Mukormikosis disebabkan oleh jamur mucormycetes yang secara alami hidup di lingkungan.

"Mukormikosis memengaruhi orang-orang yang sedang menjalani pengobatan dan sistem imun yang lemah," kata para ahli dari satgas Covid-19 India.

Setelah seseorang menghirup spora jamur mucormycetes yang ada di udara, jamur akan menyerang saluran pernapasan dan paru-paru.

Biasanya, mukormikosis tidak menjadi ancaman besar bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan yang sehat.

Gejala Mukormikosis

Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang mungkin terinfeksi mukormikosis, yakni: nyeri dan kemerahan di sekitar mata atau hidung, disertai demam, sakit kepala, batuk, sesak napas, muntah berdarah, dan perubahan status mental.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X