Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2021, 17:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari.

Beberapa lainnya memilih untuk menghabiskan secangkir kopi selagi bersantai di sore hari atau di malam hari sepulang bekerja.

Lantas, adakah waktu terbaik untuk minum kopi agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih optimal?

Dilansir dari Healthline, diperkirakan bahwa minum kopi terlalu cepat setelah bangun tidur dapat mengurangi efek energinya karena kadar hormon kortisol sedang meningkat.

Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Ini juga mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah.

Baca juga: Minum Kopi Saat Perut Kosong Bahaya untuk Kesehatan, Benarkah?

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Minum kopi saat kadar kortisol tinggi dapat meningkatkan kadar kortisol dalam waktu lama yang berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu, disarankan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah pertengahan hingga akhir pagi ketika kadar hormon kortisol mulai menurun.

Bagi orang yang terbiasa bangun pukul 06.30, mungkin waktu terbaik untuk minum kopi baginya adalah 09.30 hingga 11.30.

Meski demikian, belum ada penelitian yang mengamati efek energi yang lebih baik dengan menunda minum kopi di pagi hari.

Selain itu, belum ada pula penelitian jangka panjang mengenai implikasi kesehatan dari peningkatan kortisol setelah minum kopi.

Baca juga: 6 Tips Minum Kopi Agar Lebih Menyehatkan Tubuh

Kopi meningkatkan kinerja fisik

Kopi dikenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan kewaspadaan. Minuman ini juga efektif untuk meningkatkan kinerja fisik berkat kandungan kafeinnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat menunda kelelahan fisik dan meningkatkan kekuatan otot.

Meski mungkin tidak ada perbedaan yang signifikan antara minum kopi di pagi hari atau beberapa jam setelahnya, efek kafein dari kopi terhadap kinerja fisik bergantung pada waktu konsumsinya.

Jika ingin mengoptimalkan efek kopi terhadap kinerja fisik, sebaiknya konsumsi minuman ini 30-60 menit sebelum berolahraga atau beraktivitas. Ini adalah waktu yang dibutuhkan kadar kafein untuk mencapai puncaknya di tubuh.

Dosis efektif kafein untuk meningkatkan kinerja fisik adalah 3-6 mg per kg berat badan. Misal, untuk orang dengan berat badan 68 kg, dosis kafein yang dibutuhkan adalah 200-400 mg atau setara dengan 2-4 cangkir kopi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com