Kompas.com - 01/08/2021, 09:31 WIB
Ilustrasi dinosaurus berparuh bebek dari spesies Hadrosaurus. Analisis baru dari fosil dinosaurus ini menunjukkan tumor di kaki seperti bunga kol dan cedera parah, dengan tulang ekor yang patah. José Antonio Peñas (SINC) via LIVE SCIENCEIlustrasi dinosaurus berparuh bebek dari spesies Hadrosaurus. Analisis baru dari fosil dinosaurus ini menunjukkan tumor di kaki seperti bunga kol dan cedera parah, dengan tulang ekor yang patah.

KOMPAS.com - Para peneliti menganalisis fosil baru, dari seekor dinosaurus yang memiliki tumor mirip kembang kol dan mengalami patah tulang ekor. Namun, anehnya, dinosaurus ini tidak mati dan bisa bertahan meski mengalami penyakit yang menyakitkan ini.

Dinosaurus berparuh bebek tersebut, hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu dan disebut masih bisa bertahan dengan penyakit yang dideritanya itu.

Dilansir dari Live Science, Minggu (1/8/2021), ketika mendiang ahli paleontologi Jaime Eduardo Powell menemukan fosil dinosaurus ini di Provinsi Rio Negro, Argentina, pada tahun 1980-an, dia mengamati salah satu hewan purba tersebut terluka.

Powell juga menggambarkan bagaimana cedera yang dialami dinosaurus tersebut sebagai kemungkinan patah tulang.

Namun, baru-baru ini, ketika para peneliti memeriksa kembali fosil tersebut, mereka menemukan bahwa deformitas kaki justru disebabkan oleh tumor seperti bunga kol yang kemungkinan bersifat kanker.