Kompas.com - 31/07/2021, 20:39 WIB
Ilustrasi obat-obatan ShutterstockIlustrasi obat-obatan
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Menyimpan obat-obatan di rumah merupakan langkah yang tepat untuk penanganan dini ketika ada anggota keluarga yang sakit.

Perlu diingat bahwa, seperti makanan atau minuman, obat-obatan juga memiliki tanggal kedaluwarsa yang harus diperhatikan.

Obat yang sudah kedaluwarsa mungkin tidak akan memberikan efek yang baik untuk tubuh sehingga tidak boleh dikonsumsi.

Obat kedaluwarsa atau rusak sudah tidak memberikan efek terapi dan berpotensi memberikan efek samping yang tidak diinginkan jika digunakan,” ujar Penny K. Lukito, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dilansir dari situs resmi BPOM.

Rutin memeriksa kotak obat di rumah penting untuk mengetahui obat apa saja yang perlu segera dibuang agar tidak ada anggota keluarga yang mengonsumsinya.

Baca juga: Cara Membuang Sampah Masker Sekali Pakai Menurut Kemenkes

Namun, membuang obat kedaluwarsa pun tidak boleh sembarangan. Ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar obat tersebut tidak membahayakan orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penny mengimbau masyarakat agar belajar cara membuang obat kedaluwarsa dengan benar sehingga obat yang sudah rusak tidak disalahgunakan oleh oknum pembuat obat ilegal.

Selain itu, pembuangan obat kedaluwarsa yang tidak tepat juga akan menimbulkan kerusakan lingkungan dan ekosistem, seperti matinya bakteri yang dibutuhkan dalam pengolahan limbah akibat senyawa obat sitotoksik.

Berikut adalah cara membuang obat kedaluwarsa dengan benar menurut BPOM yang wajib diketahui:

Tablet, puyer, pil, salep, dan krim

1. Keluarkan obat dari kemasan aslinya

2. Hancurkan obat

3. Campurkan obat yang sudah hancur dengan ampas kopi, tanah, atau bahan-bahan yang kotor agar tidak menarik perhatian anak, hewan peliharaan, atau orang yang sengaja mencari obat di tempat sampah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.