Kompas.com - 01/08/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi macan tutul. SHUTTERSTOCKIlustrasi macan tutul.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Sumber pasti virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19 masih terus ditelusuri. Laporan awalnya adalah virus ini kemungkinan berasal dari kelelawar.

Asal mula pandemi Covid-19 dikaitkan dengan pasar hewan di Wuhan, China, hingga akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat laporan mengenai hewan-hewan yang terinfeksi Covid-19 di berbagai negara.

Sebagian besar hewan tersebut terinfeksi virus setelah kontak dengan penderita Covid-19, termasuk hewan peliharaan.

Kasus infeksi Covid-19 pada kucing dan anjing tercatat di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Baca juga: 5 Cara Turunkan Kasus Kematian Pasien Covid-19 yang Melakukan Isoman di Rumah

Beberapa hewan di kebun binatang dan cagar alam telah dinyatakan positif Covid-19, terutama kucing besar seperti singa, harimau, puma, dan macan tutul salju setelah mengalami tanda-tanda sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hewan-hewan tersebut diduga terpapar virus dari pengasuh hewan yang terjangkit Covid-19. Kondisi ini masih mungkin terjadi meski pengasuh hewan telah mengenakan alat pelindung diri.

Infeksi Covid-19 pada hewan

Dilansir dari Nature, sejak virus corona mewabah, para ilmuwan khawatir virus ini dapat menyebar dari manusia ke hewan liar.

Jika demikian, virus corona mungkin mengintai berbagai spesies hewan, bermutasi, dan muncul kembali setelah pandemi mereda.

Hewan liar bukanlah satu-satunya perhatian para ilmuwan. Penelitian telah menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 dapat menginfeksi hewan peliharaan dan penangkaran, seperti kucing, anjing, cerpelai, macan, hingga gorila.

Baca juga: Studi Global: 1 Juta Anak Kehilangan Orangtua karena Covid-19

Halaman:


Sumber Nature,CDC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.