Kompas.com - 27/09/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi anjing, menyisir bulu anjing, anjing sahabat manusia. SHUTTERSTOCK/GOODLUZIlustrasi anjing, menyisir bulu anjing, anjing sahabat manusia.


KOMPAS.com - Ungkapan anjing adalah sahabat manusia mungkin tak hanya berlaku di zaman modern saja. Ternyata, anjing sudah sangat berharga bagi masyarakat kuno.

Sebuah studi yang dilakukan Universty of Copenhagen mengungkap jika hewan berkaki empat ini sudah menempati posisi yang berharga sejak zaman kuno.

Ini terungkap setelah peneliti mempelajari catatan genetik anjing purba untuk melacak pergerakan mereka dari waktu ke waktu.

Mengutip Slashgear, Senin (27/9/2021) peneliti mengamati masyarakat Siberia kuno. Mereka mencatat jika kelompok manusia di sana tetap terisolasi secara genetik.

Baca juga: Fosil Anjing Purba di Jerman, Ungkap Asal Mula Domestikasi Serigala

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sementara justru ada keragaman genetik pada anjing yang ditemukan, menunjukkan interaksi anjing dari komunitas lain, menunjukkan anjing sangat berharga bagi masyarakat kuno.

Temuan ini mengungkap jika masyarakat kuno kemungkinan besar memperdagangkan anjing sebagai komoditas berharga sehingga hewan ini kemungkinan memiliki peran penting dalam masyarakat.

Seperti misalnya untuk menggembalakan ternak, berburu, atau menarik kereta luncur.

Perdagangan anjing purba ini terjadi setidaknya 2000 tahun yang lalu tetapi mungkin lebih awal.

Baca juga: Fobia terhadap Anjing: Gejala dan Penyebab

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.