Kompas.com - 01/08/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi ASI perah, air susu ibu, manfaat ASI pada bayi baru lahir. shutterstockIlustrasi ASI perah, air susu ibu, manfaat ASI pada bayi baru lahir.

KOMPAS.com - Zat besi memiliki fungsi penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Sementara hemoglobin ini bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Bukan hanya itu, Zat besi juga mendukung perkembangan neurologis selama masa tumbuh kembang di usia dini.

Dokter Spesialis Anak, dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A mengatakan, pada tiga bulan terakhir masa kehamilan, bayi mendapat transfer cadangan zat besi dari ibu, yang mana ini dapat memenuhi kebutuhan bayi setelah lahir sampai berusia 4-6 bulan.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Manfaat Ajaib ASI terhadap Kesehatan Usus Bayi

Kemudian setelah bayi lahir, bayi juga mendapatkan zat besi dari air susu ibu (ASI). Kandungan zat besi pada ASI sangat mudah diserap oleh saluran cerna bayi.

“Sayangnya, zat besi yang terkandung dalam ASI hanya sedikit jumlahnya,” ujarnya pada Kompas.com.

Setelah cadangan zat besi yang diberikan dari ibu pada masa kehamilan habis, maka kebutuhan harian zat besi pada bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan yang cepat pada 1 tahun pertama kehidupannya, tidak dapat terpenuhi dari ASI saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Risiko kekurangan zat besi ini akan lebih tinggi pada bayi yang lahir dengan kondisi berat lahir rendah, prematur, atau kembar.

Ia menjelaskan, kekurangan zat besi yang berkepanjangan akan menyebabkan anemia defisiensi besi, yang dapat memberikan dampak negatif pada kecerdasan, perilaku, perkembangan motorik, serta daya tahan tubuh anak.

Baca juga: Pentingnya ASI Eksklusif, Manfaatnya bagi Imunitas hingga Tumbuh Kembang Bayi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.