Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2021, 20:29 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Science


KOMPAS.com- Selama ribuan tahun, alkimia air susu ibu (ASI) tetap misterius. Ilmuwan masih terus meneliti manfaat ajaib ASI terhadap kesehatan usus bayi.

Satu hal yang belum diketahui adalah bagaimana kandungan dalam ASI, yang bervariasi berdasarkan pola makan dan lingkungan ibu, dapat memengaruhi kesehatan bayi.

Dalam sebuah studi yang dilansir dari Science Mag, Selasa (6/4/2021), para peneliti melakukan studi kandungan ASI pada manusia dan tikus.

Studi itu melaporkan bahwa terdapat satu bahan, sejenis asam amino dalam makanan berbiji utuh yang disebut betaine, yang tampaknya menjadi salah satu zat yang memberi keajaiban dari manfaat ASI.

Betaine, tampaknya telah meningkatkan kesehatan metabolisme jangka panjang dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik atau bakteri menguntungkan pada kesehatan usus bayi baru lahir.

Baca juga: Apa Komposisi ASI, Makanan Terbaik Bayi Selama Periode Emas?

 

Carles Lerin, peneliti studi dari Sant Joan de Déu Barcelona Children’s Hospital, Barcelona, Spanyol yang mempelajari obesitas anak, mulai meneliti manfaat ASI karena frustasi.

Lerin merindukan cara-cara baru untuk mengatasi dan mencegah obesitas pada masa kanak-kanak.

Beberapa studi ilmuwan juga menunjukkan sedikit peningkatan risiko obesitas pada bayi yang diberi susu formula. Namun, Lerin penasaran dengan kandungan bahan yang terdapat pada ASI, sehingga membuatnya berbeda dengan susu formula.

Baca juga: Rahasia Emas ASI, Ilmuwan Ungkap Manfaatnya pada Kekebalan Bayi

 

Bersama mahasiswa pascasarjana Silvia Ribo dan peneliti obesitas David Sánchez-Infantes di institusi yang sama, Lerin mulai mengamati 34 pasangan ibu dan bayi dari Oklahoma.

Semua bayi telah disusui dengan ASI eksklusif, dan peneliti lain telah menyimpan sampai ASI dan mencatat secara rinci pertumbuhan dan kesehatan mereka pada masa awal bayi.

Lerin dan timnya mengidentifikasi zat yang mungkin terkait dengan pertumbuhan awal yang cepat, yang dikaitkan dengan obesitas di kemudian hari.

Salah satu zat yang menonjol dalam ASI, yakni betaine, yang dikaitkan dengan pertumbuhan yang tidak diinginkan itu, ketika kadar zat tersebut rendah. Betaine disebut menjadi pendorong manfaat ajaib dari ASI pada bayi.

Baca juga: Pentingnya ASI Eksklusif, Manfaatnya bagi Imunitas hingga Tumbuh Kembang Bayi

Halaman:
Sumber Science
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com