Pentingnya ASI Eksklusif, Manfaatnya bagi Imunitas hingga Tumbuh Kembang Bayi

Kompas.com - 30/11/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi ASI Eksklusif. SHUTTERSTOCKIlustrasi ASI Eksklusif.


KOMPAS.com- Air Susu Ibu ( ASI) menjadi asupan terbaik untuk membantu optimalisasi sistem pertahanan tubuh, serta tumbuh kembang bayi dan anak.

Hal ini disampaikan oleh UKK Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr Molly Dumakuri Oktarina SpA(K).

Lantas mengapa pemberian ASI eksklusif menjadi penting bagi bayi Anda?

Dalam pemaparannya ada dua hal terkait pemberian ASI ini yang tidak dapat dipisahkan dari proses tumbuh kembang bayi dan anak.

1. Sistem pertahanan tubuh ( sistem imun)

Molly menjelaskan bahwa sifat sistem pertahanan tubuh ( imunitas) pada masa bayi dan anak belum berfungsi dan bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Apa Komposisi ASI, Makanan Terbaik Bayi Selama Periode Emas?

 

"Sistem pertahanan tubuh pada masa bayi dan anak juga masih lemah, sehingga memudahkan kuman jahat bisa berupa bakteri, parasit atau virus menyerang tubuh anak dan menyebabkan penyakit," kata Molly dalam diskusi dari Kalbe Edukasi Tumbuh Kembang Anak: Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna, Rabu (25/11/2020).

Padahal, kata dia, sistem imun dalam tubuh berfungsi sebagai proteksi atau melindungi tubuh dari penyerang asing seperti bakteri, virus, ataupun sel kanker.

Selain itu, fungsi lainnya dari sistem imun itu sendiri adalah sebagai homoestasis yaitu mempertahankan fungsi keseimbangan tubuh.

Nah, jika terjadi gangguan pada sistem imun, maka dapat menyebabkan ragam penyakit seperti infeksi, defisiensi imun, alergi, autoimun bahkan kanker.

Baca juga: Rahasia Emas ASI, Ilmuwan Ungkap Manfaatnya pada Kekebalan Bayi

 

2. Peran mikrobiotas usus

Molly menyebutkan bahwa banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sistem imun pada bayi atan anak-anak, salah satunya adalah mikrobiota usus (saluran cerna).

Sebagai informasi, sekitar 70-80 persen sel imun terdapat di dalam usus.

Mikrobiota saluran cerna sangat berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat bagi anak-anak yang stabilitas sistem pertahanan tubunya memang belum optimal itu.

"Ini mikrobiota yang berperan adalah mikrobiota komensal (baik), bukan mikrobiota patogen (jahat)," ujarnya.

Sistem imun ini berperan melindungi tubuh anak dari mikrobiota patogen dan meminimalkan reaksi hipersensitivitas makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X