Apa Komposisi ASI, Makanan Terbaik Bayi Selama Periode Emas?

Kompas.com - 29/11/2020, 17:06 WIB
ilustrasi ibu menyusui bayi. SHUTTERSTOCKilustrasi ibu menyusui bayi.

KOMPAS.com - Para ahli mengingatkan bahwa sangat penting bagi bayi dalam periode emasnya untuk mendapatkan optimalisasi pemberian Air Susu Ibu ( ASI) eksklusif.

Periode emas seorang anak adalah seribu hari pertama kehidupan (HPK) terhitung sejak anak tersebut dilahirkan.

Dr Molly Dumakuri Oktarina, SpA(K) berkata bahwa seribu hari pertama kehidupan (HPK) adalah periode emas seorang anak yang akan memberikan efek jangka panjang di kehidupan mendatangnya.

"Di mana periode ini terjadi percepatan pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, sel otak, dan sel kekebalan tubuh (imun)," kata Molly dalam diskusi dari Kalbe Edukasi Tumbuh Kembang Anak: Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Rahasia Emas ASI, Ilmuwan Ungkap Manfaatnya pada Kekebalan Bayi

Dalam pemaparannya, Molly menyampaikan bahwa sejak dahulu ASI memiliki banyak sekali manfaat terhadap tumbuh kembang anak, yang erat juga kaitannya dengan saluran pencernaan.

Dalam jangka panjang, ASI memengaruhi kemampuan tubuh anak untuk mencerna nutrisi-nutrisi baik yang masuk ke dalam tubuhnya.

Selain itu, ASI juga memberikan nutrisi yang tidak bisa diterima dari makanan atau minuman lainnya.

Komposisi dalam ASI

Molly menjelaskan nutrisi, bioaktif, dan bakteri baik (bakteri komensal) yang terdapat di dalam ASI:

- Air

- Karbohidrat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X