Kompas.com - 29/07/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri. SHUTTERSTOCK/StockLiteIlustrasi isolasi mandiri.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pasien Covid-19 bergejala ringan atau tidak bergejala wajib menjalani isolasi mandiri untuk mencegah penularan virus.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang bisa menjalani masa isolasi mandiri di rumah. Pasalnya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah rumah layak dijadikan tempat isolasi mandiri.

Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP(K), dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dari Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa ada syarat yang harus dilakukan sebelum isolasi mandiri di rumah, yakni sebagai berikut:

1. Di rumah ada ruang sendiri yang terpisah dari orang lain.

2. Tidak serumah dengan anggota keluarga yang berisiko tinggi, seperti bayi, lansia, orang dengan sistem imun yang rendah, atau anggota keluarga yang mempunyai penyakit diabetes, hipertensi, dan jantung.

dr. Erlina menegaskan, jika tidak memenuhi dua kriteria tersebut, pasien Covid-19 tidak dianjurkan melakukan isolasi mandiri di rumah dan diminta untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Selama Isolasi Mandiri, Ini Saran Ahli

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga disarankan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito. Prof. Wiku mengatakan, pemerintah menyediakan tempat isolasi terpusat untuk pasien Covid-19 menjalani isolasi mandiri.

“Apabila masyarakat tidak mungkin melakukan isolasi mandiri di rumah, maka dapat melakukan isolasi di tempat isolasi terpusat yang disediakan pemerintah daerah masing-masing yang dibantu pemerintah pusat,” ujar Prof. Wiku, dilansir dari Covid19.go.id.

Sebagai upaya membantu warga yang tidak bisa menjalankan isolasi mandiri di rumah, pemerintah menyiapkan 20 rumah sakit darurat dengan total kurang lebih 9 ribu tempat tidur, 12 rumah sakit lapangan dengan sekitar 3000 tempat tidur serta tempat isolasi terpusat dengan lebih dari 20 ribu tempat tidur di Pulau Jawa dan Bali.

Selain memastikan kelayakan rumah untuk isolasi mandiri, pasien Covid-19 juga perlu memperhatikan prosedur isolasi mandiri yang benar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.