Kompas.com - 24/07/2021, 18:11 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19, menjaga kesehatan mental selama menjalani isolasi mandiri (isoman). FREEPIKIlustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19, menjaga kesehatan mental selama menjalani isolasi mandiri (isoman).


KOMPAS.com - Penting untuk menjaga kesehatan mental saat menjalani isolasi mandiri, sebab hal ini seringkali luput dari perhatian.

Padahal tak jarang, beberapa orang akan mengalami rasa cemas, khawatir, ketakutan, bosan serta frustasi selama menjalani isolasi mandiri.

Kondisi tersebut menurut Ronny Tri Wirasto, psikiater dari Universitas Gadjah Mada merupakan hal yang umum terjadi.

Dilansir dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (24/7/2021), Ronny memaparkan kalau isolasi mandiri atau isoman merupakan sebuah kondisi yang menimbulkan gap secara fisik, emosi, maupun finansial yang berpotensi memunculkan sejumlah persoalan.

Baca juga: 7 Manfaat Bersepeda, Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama isolasi mandiri?

Ronny pun menyebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa cemas maupun stres.

Pertama, membatasi konsumsi berita maupun cerita terkait Covid-19, termasuk melalui media sosial. Pembatasannya bisa berupa waktu, jumlah, topik, atau sumbernya.

Kemudian menjaga kesehatan mental selama isoman dapat juga dengan mencoba untuk membuat tubuh rileks, misalnya dengan melakukan perawatan diri atau aktivitas fisik.

Ronny menyontohkan aktivitas fisik ini bisa berupa latihan pernapasan, peregangan, meditasi, atau olahraga ringan secara teratur, adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama isolasi mandiri.

Baca juga: Hewan Peliharaan Jaga Kesehatan Mental Selama Lockdown, Studi Jelaskan

Halaman:


Sumber UGM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.