Kompas.com - 29/07/2021, 12:32 WIB
Ilustrasi kanker paru. Pemeriksaan CT Scan paru-paru. SHUTTERSTOCK/create jobs 51Ilustrasi kanker paru. Pemeriksaan CT Scan paru-paru.

KOMPAS.com - Kanker paru dan Covid-19 merupakan dua hal yang sama pentingnya dan harus terus diperhatikan.

Lantas, saat seseorang yang mengidap kanker paru kemudian terpapar virus corona, apakah bisa memperburuk kondisi kesehatannya?

"Kanker (bisa) memperburuk kondisi, tapi tidak terlalu tinggi," kata Prof. dr. Elisna Syahruddin Ph.D, Sp.P(K), Spesialis Pulmonologi.

Hal itu disampaikannya dalam webinar Peluncuran Layanan Digital PULIH dalam Rangka Hari Kanker Paru Sedunia, yang diselenggarakan oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Astrazenecca, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Epidemiolog: Indonesia Bisa Jadi Negara Terakhir yang Keluar dari Krisis Covid-19

Elisna juga menyampaikan pada tahun 2020 telah melakukan penelitian terhadap 355 penderita kanker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Responden yang terlibat dalam penelitian tersebut mengaku tidak merasa stres terhadap kehadiran Covid-19 karena sudah merasa stres pada kanker yang diidapnya.

Berdasarkan data tingkat kematian kasus tahap awal dengan kondisi kesehatan di China tahun 2020, diketahui bahwa terdapat beberapa penyakit bawaan yang bisa memperburuk kondisi penderita Covid-19.

Penyakit kardiovaskular (berkaitan dengan jantung) memiliki risiko sebesar 10,5 persen, diabetes sebesar 7,3 persen, penyakit pernapasan kronis sebesar 6,3 persen, hipertensi sebesar 6 persen dan kanker  hanya memiliki risiko sebesar 5,6 persen.

Dampak pandemi pada pasien kanker paru

Kendati demikian, Prof. Elisna mengatakan bahwa pasien kanker paru merasakan setidaknya 4 dampak dari pandemi Covid-19 ini.

Dampak yang dirasakan pasien kanker paru antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.