POPULER SAINS: Penularan Covid-19 Lewat Jenazah Belum Terbukti | Mengubah Persepsi Orang yang Tak Percaya Corona

Kompas.com - 29/07/2021, 07:02 WIB
Penularan Covid-19 melalui jenazah yang belum terbukti hingga mengubah persepsi orang yang tak percaya Covid-19 menjadi berita populer Sains edisi 28 Juli 2021. KOMPAS.comPenularan Covid-19 melalui jenazah yang belum terbukti hingga mengubah persepsi orang yang tak percaya Covid-19 menjadi berita populer Sains edisi 28 Juli 2021.

KOMPAS.com - Masih banyak yang belum kita pahami tentang Covid-19, termasuk apakah penularan Covid-19 bisa melalui jenazah.

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah kuat penularan Covid-19 dari jenazah. Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Rabu, (28/7/2021).

Sementara itu, ahli juga mengatakan bahwa kopi dan kafein tidak mengganggu kerja jantung.

Selasa tengah malam, gempa kuat M 5,0 mengguncang Pacitan, Jawa Timur. Menariknya, sumber gempa Pacitan ini berdekatan dengan sumber gempa 1937.

Berita lain yang banyak dibaca adalah bagaiman mengubah persepsi orang yang tak percaya Covid-19.

Baca juga: POPULER SAINS: Gejala Covid-19 Singkat Seperti yang Dialami Raffi Ahmad | Lava Pijar Merapi Capai Batas Vegetasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut rangkumannya:

1. Penularan Covid-19 lewat jenazah belum terbukti

Pertanyaan apakah jenazah Covid-19 bisa menularkan virus corona belum terjawab. Hingga saat ini, belum ada bukti kuat SARS-CoV-2 bisa menular dari orang mati ke orang hidup.

Hal tersebut diungkapkan ahli kedokteran forensik Universitas Padjadjaran (Unpad) Yoni Fuadah Syukriani.

"Beberapa referensi studi sudah ada. Hanya saja, belum ada yang mampu menyimpulkan bahwa Covid-19 bisa menular dari jenazah," katanya seperti dikutip dari laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sejumlah penelitian dasar di antaranya menjelaskan bahwa virus corona bisa bertahan dalam sel tubuh orang mati selama 4 jam dan bertahan 3-4 hari pada cairan tubuh.

Selengkapnya baca di sini:

Ahli: Belum Ada Bukti Kuat Penularan Covid-19 dari Jenazah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.