Kompas.com - 23/07/2021, 16:02 WIB
Ilustrasi Covid-19 pada anak, anak positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah. SHUTTERSTOCK/GargoniaIlustrasi Covid-19 pada anak, anak positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Anak-anak, termasuk bayi, dapat terinfeksi Covid-19. Banyak dari mereka yang tidak menunjukkan gejala atau bergejala ringan seperti demam, kelelahan, dan batuk.

Beberapa anak mengalami sakit yang lebih parah, meski jarang terjadi. Anak-anak yang memiliki kondisi kesehatan tertentu mungkin berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala serius.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kondisi medis berikut adalah yang mungkin meningkatkan risiko anak mengalami gejala Covid-19 yang parah:

1. Asma atau penyakit paru-paru kronis

2. Diabetes

3. Kondisi genetis, neurologis, atau metabolis

4. Penyakit sel sabit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Penyakit jantung sejak lahir

6. Imunosupresi (sistem kekebalan melemah karena kondisi medis tertentu atau sedang menjalani pengobatan yang melemahkan sistem imun)

7. Kompleksitas medis (beberapa kondisi kronis yang memengaruhi bayak bagian tubuh)

8. Kegemukan atau obesitas

Baca juga: Kenapa Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun Belum Ada?

Panduan isolasi mandiri untuk anak

Seperti orang dewasa, anak yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga harus menjalani isolasi mandiri di rumah untuk mencegah penularan virusnya.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merilis “Buku Diary Panduan Isolasi Mandiri Anak” yang memuat tips dan cara merawat anak yang positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri.

Dalam dokumen tersebut, IDAI memaparkan 7 syarat isolasi mandiri di rumah bagi anak, yakni sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.